Sabtu, 4 Mei 2024

Menang Adu Pinalti Lawan Ngawi, Tim Futsal Putra Jember ke Semifinal Futsal Porprov Jatim VIII/2023

Diunggah pada : 13 September 2023 15:46:10 149
Pemain futsal Kabupaten Jember (hitam ) saat berlaga di di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo

Jatim Newsroom - Futsal putra Jember melaju ke semifinal Porprov Jatim VIII 2023, menyusul kemenangan 7-5 (3-3) atas Ngawi lewat adu tendangan penalti di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Rabu (13/9/2023). Kedua tim bermain imbang 3-3 hingga waktu pertandingan normal berakhir. Kemudian dilanjutkan perpanjangan waktu. Pada perpanjangan waktu, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol.

Untuk menentukan pemenang, dilakukan adu tendangan penalti. Empat penendang Jember masuk semua, sedang dari Ngawi dua penendang masuk dan dua penendang penalti gagal. Tendangan kelima tidak dilakukan, karena apapun hasilnya sudah tidak berpengaruh lagi.

Pada laga ini Ngawi memimpin keunggulan 3-2 hingga detik terakhir. Petaka datang bagi Ngawi, kemenangan yang sudah didepan mata buyar, menyusul lahirnya gol yang dicetak Riko Ardi Wiranata. Skor pun berubah 3-3 dan laga dilanjutkan perpanjangan waktu. “Kami kecolongan gol di detik akhir. Begitu kick off usai kami kebobolan, pertandingan babak kedua langsung berakhir,” ujar Wahyu Nur Sasi, Head Coach futsal putra Ngawi usai pertandingan.

Menurut Sasi, panggilan Wahyu Nur Sasi, stamina tim asuhannya menurun di babak kedua. Ini karena, sudah terkuras saat melawan Bojonegoro di babak 16 Besar yang juga berakhir dengan adu tendangan penalti.

“Stamina anak-anak menurun, karena terkuras saat melawan Bojonegoro di 16 Besar. Waktu itu kami juga harus perpanjangan waktu dan adu tendangan penalti. Karena stamina menurun itu membuat fokus pemain menjelang pertandingan berakhir goyah dan lawan bisa memanfaatkan,” paparnya.

Jalannya pertandingan, Jember unggul 2-1 di babak pertama lewat gol Audan Yusuf Hidayat menit 1 dan Garalt Edrea Watson Kostrada menit 19. Ngawi menipiskan ketinggalan akibat gol bunuh diri kiper Jember Bryan Cosa menit 16.

Di babak kedua Ngawi berbalik mencetak dua gol dari Rio Bintang Pamudika menit 28 dan Yoga Nurizal Syahputra menit 32. Jember mencetak gol penting di detik akhir dari Riko Ardi Wiranata.

Sekretaris Umum (Sekum) Asosisasi Futsal Kabupaten (Askab) Jember, Yoga Deni, bersyukur, futsal Jember bisa mencuri gol di detik akhir. “Kami bersyukur lolos ke semifinal. Ini untuk pertama kali Jember melaju hingga semifinal,” ujar Yoga.

Pada laga semifinal, Jember menghadapi favorit kuat juara sekaligus tuan rumah Sidoarjo, Kamis (14/9/2023). Penampilan Sidoarjo di Porprov Jatim VIII 2023 ini cukup tangguh. Lima kali bertanding tim asuhan Eko M Purbo itu mencetak 41 gol dan hanya kebobolan empat gol.

Menurut Ketua Afkab Jember, Ferry Anggriawan, pihaknya belum berfikir soal pertandingan semifinal melawan Sidoarjo. “Dipikir (lawan Sidoarjo) besok saja,” ujar Ferry singkat. (mad/s)

#futsal Porprov Jatim