Jumat, 3 Mei 2024

Bantai Gresik 13-1, Futsal Putra Sidoarjo Melaju ke Semifinal Porprov Jatim VIII/2023

Diunggah pada : 11 September 2023 18:13:42 198
Tim futsal putra Sidoarjo Porprov Jatim VIII/2023.

Jatim Newsroom– Tuan tumah futsal putra Sidoarjo mencetak rekor kemenangan di Porprov Jatim VIII/2023. Ini setelah di laga 16 Besar, Sidoarjo menang 13-1 atas Kabupaten Gresik di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Senin (11/9/2023). Kemenangan ini mengantar Sidoarjo lolos ke perempat final.

Sebelumnya rekor kemenangan terbesar futsal putra Porprov Jatim VIII/2023 dicetak Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Magetan. Ketiga tim tersebut sama-sama meraih kemenangan 9-0 atas lawan-lawannya.

Kabupaten Bondowoso mengalahkan Kota Pasuruan 9-0, Kabupaten Mojokerto menundukkan Kota Pasuruan 9-0 dan Kabupaten Magetan menekuk Kabupaten Nganjuk 9-0. “Kami tidak menduga bisa menang 13-1. Kami bersyukur bisa melaju ke perempat final. Tetapi tetap kami ingatkan agar anak-anak tidak jumawa dan tetap fokus ke pertandingan selanjutnya,” ujar R Bayu Aji, Manajer Tim futsal putra Sidoarjo, usai pertandingan.

Head coach futsal putra Sidoarjo, Eko M Purbo mengaku tidak ada strategi khusus kepada tim asuhannya, hingga Sidoarjo memetik kemenangan besar ini. “Tidak ada strategi khusus. Yang jelas, anak-anak bisa memanfatkan celah permainan Gresik ketika mereka memainkan powerplay,” papar Eko M Purbo.

Gresik sempat memainkan powerplay ketika tertinggal 0-6. Powerplay yang diharapkan bisa untuk mengejar ketinggalan ini malah menjadi bumerang. Sidoarjo dengan mudah menambah gol demi gol.

Di awal pertandingan Gresik menguasai permainan. Namun, finishing tim asuhan AMF Hawi ini lemah. Sebaliknya, Sidoarjo masih mencari-cari celah. Sidoarjo baru bisa memecah kebuntuan menit 7 lewat gol Mochammad Alex Sandro. Setelah itu Sidoarjo menambah empat gol di babak pertama lewat Rio Dwi Afrisal menit 16, kapten tim Riko Adzil Prastyo menit 17, Mochammad Khoirul Umam menit 19 dan gol bunuh diri pemain Gresik Adika Marly Muhammad menit 19.

Di awal babak kedua, Sidoarjo kembali kesulitan untuk mencetak gol. Padahal juara Porprov Jatim dua kali itu mengendalikan permainan.Sidoarjo baru mencetak gol menit 29 lewat pemain Liga Futsal Profesional Bintang Timur Surabaya, Mochammad Fadlan Husein.

Setelah itu enam gol beruntun dicetak Riko Adzril Prastyo menit 31, Mochammad Fadlan Husein menit 32, Mochammad Khoirul Umam menit 35, Mochammadis Hari Karebet menit 37, Mochammad Alex Sandro menit 38 dan Athar Ramadhan Nugraha menit 39.

Gresik mendapat gol hiburan dari tendangan penalti titik satu Farel Eka Zaki menit 37. Penalti diberikan wasit, setelah kiper Sidoarjo Aprilius Amanah menjatuhkan kiper powerplay Gresik Raddityo Wahyu Nugroho di dalam area penalti. Kemenangan Sidoarjo atas Gresik ini melengkapi kemenangan sebelumnya di perempat final Porprov Jatim IV/2013, Porprov Jatim V/2015 dan Porprov Jatim VI/2019 serta babak kualifikasi Porprov Jatim VII/2022.

Pada tiga laga di babak penyisihan Porprov Jatim VIII/ 2023, Sidoarjo juga meraih kemenangan dengan skor gol besar yakni mengalahkan Bangkalan 8-1, menekuk Kota Malang 5-1 dan terakhir membungkan Kabupaten Pasuruan 8-1. (mad/wah/hjr)

 

 

 

#futsal Porprov Jatim