Rabu, 8 Mei 2024

Melalui indonesiakini.go.id, Kominfo Dorong Komunikasi Publik Masif, Cepat, dan Terintegrasi

Diunggah pada : 18 Mei 2022 9:01:08 148
Sumber Foto: Tangkapan Layar Situs indonesiakini.go.id

Jatim Newsroom – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan situs agregator indonesiakini.go.id untuk mendorong komunikasi publik dari pemerintah pusat dan daerah yang masif, cepat, dan terintegrasi. 

Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Nursodik Gunarjo, mengatakan, pihaknya telah selesai membangun tahap pertama situs tersebut. 

Dengan kemampuan saat ini, indonesiakini.go.id mampu mengambil informasi dari sekitar 40 situs milik pemerintah pusat maupun daerah. 

Seiring dengan perkembangan waktu, pengembangan secara rutin pada setiap waktu akan terus dilakukan. Ini penting untuk meningkatkan kemampuan dari situs agregator itu dalam mengambil informasi dari kanal komunikasi di ruang digital milik instansi pemerintah. 

"Selanjutnya secara bertahap akan dikembangkan hingga seluruh kanal komunikasi publik masuk ke indonesiakini.go.id," urai Nursodik seperti diberitakan infopublik.id, Selasa (17/5/2022). 

Tak hanya itu, tambah Nursodik, situs agregator tersebut dapat dikembangkan juga sebagai medium koordinasi antar instansi pemerintah pada akhir 2024 mendatang. Dengan begitu, narasi tunggal yang digaungkan oleh pemerintah dapat dilakukan secara optimal. 

"Tujuan akhirnya adalah untuk optimalisasi fungsi kehumasan pemerintah," kata Nursodik. 

Pada akhirnya, setiap komunikasi publik yang dilakukan oleh pemerintah baik di pusat dan daerah dapat dipahami oleh khalayak luas. Dengan demikian, program yang dirumuskan dapat berpengaruh pada kehidupan masyarakat. 

"Intinya agar pemahaman masyarakat tentang program dan kebijakan pemeritah semakin baik," pungkasnya. (idc/s)

#kominfo #indonesiakini.go.id #komunikasi publik