Sabtu, 4 Mei 2024

Libatkan Tim Kurator, Koleksi yang Akan Mengisi Monumen Reog dan Museum Ponorogo

Diunggah pada : 14 September 2023 12:45:47 285
PROGRES : Pembangunan Monumen Reog dan Museum Ponorogo di perbukitan kapur Kecamatan Sampung. Foto Dokumen kokinfo ponorogo

Jatim Newsroom - Perjalanan Kabupaten Ponorogo dari masa ke masa  bakal terpampang jelas di dalam Monumen Reog dan Museum Ponorogo (MRMP). Mulai masa prasejarah, masa pengaruh Hindu-Buddha, masa pengaruh Islam, masa pra kemerdekaan, hingga era reformasi. Perkembangan peradaban dari zaman ke zaman itu untuk memberikan edukasi kepada pengunjung museum tentang sejarah Ponorogo. 

‘’Tidak sembarangan dalam menampilkan koleksi di museum. Harus melalui riset, kita memiliki tim kurator untuk menampilkan perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa itu,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi.

Judha mengungkapkan, dalam rombongan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang berkunjung ke Ponorogo, pada 19 Agustus lalu, ada Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana dan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Empu Basuki Teguh Yuwono. Keduanya mengungkapkan ketertarikannya dengan pembangunan MRMP.

‘’Kebetulan keduanya akan mengadakan kunjungan ke sejumlah negara di Eropa dalam September ini untuk menginventarisasi artefak yang berasal dari Indonesia. Kalau ada artefak dari Ponorogo akan diinformasikan,’’ terang Judha. 

Dia mencontohkan temuan benda-benda  prasejarah pada masa Mesolitikum atau zaman batu madya yang di kawasan Goa Lawa, Kecamatan Sampung, Ponorogo, yang dikenal sebagai Sampung Bone Culture. Benda-benda arkeologi itu diboyong  L.J.C.van Es ke Belanda, pada 1928 silam. ‘’Ketika budaya manusia purba hidup di goa-goa, sebagian besar peralatan mereka berasal dari tulang,’’ jelasnya. 

Dikatakannya, sejarah peradaban pada masa pengaruh Hindu-Buddha dan masuknya pengaruh Islam juga ditampilkan di MRMP. Era kejayaan Kerajaan Majapahit dan Mataram memiliki sejarah sendiri di Ponorogo. Tanpa kecuali, legenda yang mengiringi terbentuknya kesenian Reog Ponorogo. ‘’Artefak dan benda seni yang menceritakan sejarah Ponorogo dan perkembangan reog dari waktu ke waktu akan melalui riset sebelum  mengisi koleksi museum,’’ pungkasnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo