Senin, 15 Juli 2024

Layanan Lapor Kand4 Probolinggo Raih Penghargaan DetikJatim Awards 2023

Diunggah pada : 28 November 2023 9:06:02 30
Sumber foto: Diskominfo Probolinggo

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali meraih prestasi membanggakan. Layanan pengaduan masyarakat “LAPOR KAND4” meraih penghargaan berupa Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji Kategori Inovasi Layanan Aduan Masyarakat pada ajang DetikJatim Awards 2023.

Sebagaimana dalam rilis Pemkab Probolinggo, Penghargaan diterima langsung oleh Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, selaku inisiator layanan pengaduan masyarakat “LAPOR KAND4” di Kota Batu, Senin (27/11/2023).

Anugerah Program Terpuji Kategori Inovasi Layanan Aduan Masyarakat oleh Detik Jatim ini diberikan kepada lembaga pemerintah yang telah melakukan terobosan berarti terhadap layanan publik, sehingga berdampak besar terhadap kualitas hidup masyarakat.

Dalam press rilisnya, Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan segenap jajaran redaksi DetikJatim atas apresiasi yang diberikan kepada Pemkab Probolinggo serta kerja sama yang baik dalam membangun citra baik di Kabupaten Probolinggo.

Pj Bupati Ugas mengatakan hal ini merupakan kejutan tersendiri. Pasalnya layanan Lapor Kand4 bukanlah sebuah inovasi yang muluk-muluk, pihaknya hanya ingin mengukur dan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas layanan publik di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Karena Lapor Kand4 berbasis pesan WhatsApp yang sudah sangat familiar dengan masyarakat, Pj Bupati Ugas menilai masyarakat lebih mudah menerima adanya layanan aduan masyarakat ini. Terbukti banyaknya jumlah aduan yang diterima sejak awal dilaunchingnya layanan Lapor Kand4.

“Sejauh ini sudah ada ratusan laporan yang disampaikan masyarakat dan hampir 100% laporan telah ditindaklanjuti. Jenis aduan yang kami terima pun sangat beragam tidak hanya berkutat masalah infrastruktur saja, tetapi meluas ke berbagai keluhan yang lebih kompleks, seperti permasalahan lingkungan, bahkan permasalahan keluarga,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pj Bupati Ugas mengemukakan, apresiasi ini merupakan umpan balik motivasi, sekaligus pelecut semangat bagi pihaknya untuk terus berkarya. Karena melayani masyarakat itu tanpa batas, karena pelayanan masyarakat juga terus berproses mengikuti jaman,

“Oleh karena itu kami juga harus selalu siap dan Alhamdulilah tim kami di Pemkab Probolinggo mampu bersinergi untuk melayani aduan-aduan ini sehingga inovasi layanan ini bisa berjalan optimal. Saya harap hal ini mampu mendongkrak nama baik Pemkab Probolinggo di mata publik,” harapnya.

Awarding yang digelar kali pertama oleh DetikJatim ini, selain untuk mengapresiasi tokoh penting di Jawa Timur dan lembaga yang mampu mendorong inovasi di lingkungan pemerintahan daerah, juga diberikan kepada beberapa lembaga swasta, usaha mikro dan komunitas masyarakat yang memiliki pengaruh sosial yang baik dan memiliki tata kelola yang baik. (ghf/s)

#kabupaten probolinggo #detik.com