Jumat, 3 Mei 2024

Lamongan Gelar Jambore Hari Kesehatan Nasional

Diunggah pada : 13 November 2023 8:48:59 65
Jambore Hari Kesehatan Nasional 59 dan Kesehatan Jiwa Sedunia Kampanye Hidup Bersih dan Sehat, di Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom - Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan menggelar Jambore Hari Kesehatan Nasional 59 dan Kesehatan Jiwa Sedunia Kampanye Hidup Bersih dan Sehat yang diselenggarakan di Titik Nol KM Kabupaten Lamongan atau Alun-alun Kabupaten Lamongan. 

Mengutip rilis resmi humas Pemerintah Kabupaten Lamongan (13/11/2023), kegiatan  diikuti sebanyak 32 puskesmas, 17 rumah sakit, dan organisasi profesi di Kabupaten Lamongan. Para peserta kampanye saling membagikan souvenir seperti tumbler, kotak makan, buah-buhan, sabun, sikat gigi dan pasta gigi, hingga berbagai souvenir menarik yang dibagikan ke masyarakat Lamongan yang sedang melakukan Car Free Day di sepanjang mengelilingi Alun-alun. 

Hal tersebut ditujukan sebagai salah satu bentuk penguatan promosi pelayanan kesehatan sekaligus ajakan untuk hidup sehat dan bersih yang dimulai dari diri sendiri yang sejalan dengan tema HKN ke-59 yakni ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’ dan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 'Mental Health is a Universal Human Right'.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat memberangkatkan kontingen kampanye mengajak seluruh insan kesehatan untuk bersama-sama membangun kesehatan jiwa dan raga masyarakat Lamongan. 

“Kita memperingati Hari Kesehatan Nasional dengan tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”. Mens sana in corpore sano. Untuk itu mari kita bangun kesehatan Lamongan baik raganya dan jiwanya, mari kita jadikan Lamongan sehat, Lamongan megilan,” ajak Bupati Yes dalam kegiatan yang dilaksanakan 12 November 2023 ini. 

Sebab, seperti halnya dikatakan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lamongan dr. Herwidyah Sidhayatri, transformasi kesehatan untuk Indonesia maju salah satunya adalah transformasi pelayanan primer yang tidak hanya berpaku pada pelayanan kesehatan kuratif atau pelayanan pengobatan saja, melainkan melalui pencegahan. 

“Kita diminta untuk segera memperkuat promosi kesehatan, karena pelayanan kesehatan tidak akan pernah selesai kalau kita hanya terpaku pada kuratif atau mengobati saja tapi bagaimana kita mencegah masyarakat kita untuk tidak sampai sakit. Karena pembiayaan kesehatan tidak pernah selesai kalau kita hanya berputar kesehatan kuratif, apapun dana yang dikucurkan tidak pernah selesai,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mencegah dan mengubah stigma masyarakat akan kesehatan mental, pada waktu yang sama dilaksanakan senam kesehatan jiwa dan senam cuci tangan, yang dilanjutkan bincang sehat dan tanya jawab kesehatan jiwa oleh dr. Eka Catur Prasetya. 

“Mengalami kesehatan jiwa itu wajar dan mungkin terjadi kepada siapapun. Ayok kita hentikan memberikan stigma, kita cap buruk tentang kesehatan jiwa karena it’s okay to be not okay. Mari wujudkan keluarga yang lebih kuat, bisa saling merasakan satu sama lain, anak yang bisa kita pahami, satu rumah tapi kaya berbeda semua isi kepalanya hari ini masih banyak PR yang harus kita kerjakan, terlebih ditengah kemajuan teknologi, gadget memberikan banyak dampak terhadap kehidupan kita” ucap dr. Catur. (idc/s)

#lamongan #kesehatan #Hari Kesehatan Nasional