Minggu, 28 April 2024

Kunjungi Kota Mojokerto, Tim Kemenperin RI Temui Wali Kota dan Tinjau Sentra IKM Batik

Diunggah pada : 25 November 2023 19:18:46 80
Kunjungan Kemenperin RI ke Wali Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Tim Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian (IKMA Kemenperin) RI mengunjungi Kota Mojokerto.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (25/11/2023), Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menerima kunjungan Direktur Jendral IKMA Kemenperin RI, Reni Yanita di kantornya. Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto menyampaikan terima kasih atas dukungan Kemenperin RI untuk pembangunan industri kecil di Kota Mojokerto.

"Terimakasih sudah di-support DAK untuk IKM dan UMKM di Kota Mojokerto," kata Ning Ita.

Dengan dukungan anggaran dari Kemenperin RI tersebut, lanjut Ning Ita, saat ini tengah dibangun sentra IKM Batik yang berlokasi di Kedungsari, mengingat para pengrajin batik lokasinya tidak terpusat di satu lokasi.

Usai bertemu Wali Kota, rombongan Ditjen IKMA bertemu para pengrajin batik dan alas kaki di ruang command center.

"Kedatangan kami sebenarnya ingin melihat progres pembangunan khususnya untuk sentra IKM batik dan sekaligus melihat kesiapan dari teman-teman di Mojokerto untuk pelaksanaan IKM alas kaki," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Reni Yanita juga menyampaikan pentingnya regenerasi dalam upaya meningkatkan kompetensi pengrajin batik di Kota Mojokerto khususnya.

"Tadi ada dalam catatan saya bagaimana kita melakukan regenerasi, ternyata sudah ada duta batik yang diangkat dan sudah mulai mengenalkan kegiatan batik ini sampai anak usia sekolah," tuturnya

Lebih lanjut, Reni berpesan agar regenerasi ini terus diberdayakan, mengingat batik adalah warisan budaya yang harus dijaga keberadaannya.

"Karena semenjak batik diresmikan sebagai warisan budaya oleh UNESCO, Pemerintah Kabupaten dan Kota diimbau agar mempunyai motif batik sendiri dan kita kenalkan, kita pakai dengan bangga menggunakan batik sebagai warisan budaya," jelasnya.

Terakhir, Reni berpesan agar sentra IKM batik terus diupayakan perkembangannya sehingga mempunyai daya saing tinggi.

"Pesan saya nanti ketika jadi terus diupayakan supaya sentra itu terus ramai, apapun kegiatannya, pengerjain batiknya bertambah kemudian batiknya juga bisa dikenal tidak hanya dari provinsi Jawa Timur tapi sampai mancanegara," pungkasnya.

Setelah menyapa para pengrajin batik dan alas kaki, rombongan meninjau secara langsung progres pembangunan sentra IKM Batik yang saat ini telah mencapai 75% dan rencananya akan diresmikan pada awal Desember 2023 mendatang. (idc/s)

#Kota Mojokerto #Batik #IKM #kementerian perindustrian