Senin, 6 Mei 2024

KSR Uiversita Brawijaya Juara Umum WEFACT 2023 di Bali

Diunggah pada : 26 Januari 2024 11:08:33 29

Jatim Newsroom - Mahasiswa Universitas Brawijaya kembali menorehkan prestasi, Kali ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Universitas Brawijaya berhasil memboyong lima juara dalam Warmadewa First Aid Competition. Kompetisi yang diselenggarakan di bulan November 2023 ini diikuti oleh KSR-PMI se-Jawa dan Bali.

Di kompetisi ini, KSR UB mengirimkan empat orang sebagai delegasi di dua kategori lomba, yaitu atas Moch. Tufail Gymnastiar dari Fakultas Vokasi dan Nurliza Prita Arifati dari Fakultas Ilmu Kesehatan di tim 1, dan Aldannu Tata Seplian Wibowo dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Putik Azzahra Ahdiatiani dari Fakultas Vokasi. Dalam lomba ini, tim KSR UB meraih capaian sebagai Juara Umum, Juara 3 Simulasi Pertolongan Pertama, Juara 1 dan 2 Fotografi serta Juara Favorite Fotografi.

Persiapan yang dilakukan oleh KSR UB terbilang cukup singkat. Dalam waktu satu bulan, kedua tim melatih kemampuan pertolongan pertama. “Latihannya meliputi pembalutan luka, pembidaian, penilaian kondisi, BHD-RJP dan evakuasi korban. Hampir setiap hari latihan bersama. Karena luka pada korban sangat banyak macamnya, latihan di fokuskan pada ketepatan penanganan berdasarkan kasus yang biasa terjadi di lapangan”, ujar Nova Putri Islam selaku Ketua Bidang I KSR UB, Jumat (26/1/2024).

Penilaian yang dilakukan dewan juri, menurut Nova, meliputi ketepatan penanganan, teknik yang digunakan dan bagaimana memberikan rasa nyaman kepada korban. “Pada saat lomba, panitia menyiapkan kondisi korban kecelakaan semirip mungkin, termasuk luka dan lebam. Lalu peserta diarahkan untuk melakukan teknik pertolongan pertama yang tepat”, jelasnya.

“Pencapaian ini merupakan langkah yang dilakukan oleh UKM KSR UB untuk dapat terus menorehkan prestasi di bidang kepalangmerahan dan terus mengembangkan kemampuan anggota nya dalam bidang kerelawanan. kami berharap dapat terus melakukan upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia demi meringankan penderitaan sesama manusia dan menyebarkan kebaikan bagi sesama tanpa memandang golongan tertentu sesuai dengan tujuan organisasi KSR UB di bidang sosial kemanusiaan”, pungkas mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini. (jal/hjr)

 

 

 

 

 

#universitas brawijaya