Rabu, 8 Mei 2024

KRI SIM-367 Tolak dari India Menuju Indonesia

Diunggah pada : 1 Maret 2024 11:30:06 28

Jatim Newsroom- Setelah mengikuti rangkaian kegiatan Latma Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024, KRI Sultan Iskandar Muda-367 bertolak dari Naval Dockyard Visakhapatnam, India pada tanggal 29 Februari 2024, untuk kembali menuju Indonesia.

Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk India, Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, turut melepas KRI Sultan Iskandar Muda-367 dengan penuh rasa bangga. Sebagai duta bangsa, KRI Sultan Iskandar Muda-367 berhasil mengharumkan nama Indonesia di event latihan berskala internasional, dengan menuai banyak pujian atas berbagai penampilan impresif yang ditunjukkan oleh para prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 selama mengikuti Latma MNE Milan 2024. 

Latma MNE Milan 2024 merupakan latihan multilateral dua tahunan yang diselenggarakan oleh Indian Navy pada tanggal 19 s.d. 27 Februari 2024 di Visakhapatnam dan Teluk Benggala, India. Latihan tersebut terdiri dari dua fase yaitu harbour phase dan sea phase. Selama harbour phase, KRI Sultan Iskandar Muda-367 berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pre-Sail Discussion, Table Top Exercise (TTX), Subject Matter Expert Exchange (SMEE), City Parade, Milan Village, dan menampilkan pertunjukan kesenian tari Saman dan Jaranan pada saat Opening Ceremony Latma MNE Milan 2024.

Sedangkan pada saat sea phase di Teluk Benggala, India, KRI Sultan Iskandar Muda-367 sekali lagi menunjukkan performa yang impresif selama melaksanakan serial latihan, menegaskan bahwa profesionalisme dan kemampuan prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 dapat disandingkan dan disejajarkan dengan Angkatan Laut negara lainnya di dunia.   

Berbagai kegiatan dan latihan yang diikuti selama Latma MNE Milan 2024 di Visakhapatnam, India, dapat menjadi bekal dan pengalaman berharga bagi seluruh prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 agar selalu siap dalam menghadapi tantangan di masa mendatang. Keberhasilan yang telah diraih dalam Latma MNE Milan 2024 merupakan aplikasi dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dalam meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL di dunia internasional. (hjr)

#Koarmada II