Jumat, 26 April 2024

KRI GNR-332 Satgas RIMPAC TNI AL 2022 Uji Coba Latihan Pembekalan di Laut

Diunggah pada : 9 Juni 2022 12:35:57 252
RI I Gusti Ngurah Rai-332 Laut Unsur Satkor Koarmada II

Jatim Newsroom-KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Laut Unsur Satkor Koarmada II, dalam misi Satuan Tugas (Satgas) Latihan Bersama Multilateral Rim of Pacific (RIMPAC) 2022, berhasil melaksanakan uji coba latihan pembekalan di laut atau Underway Replenishment (UNREP) dengan KRI Bontang–907 di sekitar Perairan Laut Jawa.

Latihan pembekalan di laut atau Replenishment at Sea (RAS) merupakan latihan perbekalan kapal yang bergerak di tengah laut, dalam hal ini dilaksanakan pengisian bahan bakar berupa HSD maupun bahan logistik lainnya seperti air tawar, bahan makanan dan sebagainya dari kapal pemberi kepada kapal penerima.

Dengan metode RAS tersebut kapal yang sedang beroperasi dapat terus melaksanakan operasinya tanpa harus kembali ke pangkalan untuk mengisi perbekalan, khususnya bahan bakar. Pada uji coba tersebut Satgas Latma Multilateral RIMPAC 2022 berhasil menghubungkan Probe dari KRI Bontang–907 dengan Bellmouth yang ada di KRI I Gusti Ngurah Rai–332 dan berhasil melaksanakan transfer BBM.

RAS sangat penting bagi ketahanan operasi angkatan laut yang dapat berlangsung cukup lama di laut. Uji coba RAS ini dilaksanakan untuk menguji sistem dan peralatan RAS yang dimiliki oleh KRI I Gusti Ngurah Rai–332, dimana nantinya ketika melaksanakan latihan RIMPAC di Hawaii, KRI GNR akan melaksanakan Sea Phase atau latihan Fase Laut.

Unsur-unsur kapal perang dari berbagai negara akan melaksanakan latihan bersama di laut selama 21 hari dengan berbagai serial latihan yang telah disiapkan baik spektrum darat, laut dan  udara. Selama waktu tersebut pembekalan hanya dapat dilakukan dengan metode RAS.

Seluruh kegiatan Uji Coba latihan ini terlaksana dengan lancar dan aman, semua materi dapat tersalurkan dengan baik dan personel maupun materiel aman, untuk selanjutnya dilaksanakan evaluasi agar dalam latihan kedepan semakin baik. Pada latihan Rimpac 2022, KRI I Gusti Ngurah Rai diperkirakan akan melaksanakan 8 kali RAS dengan kapal-kapal dari negara lain peserta latihan.(hjr)

#Koarmada II