Kamis, 19 September 2024

KPU : Jumlah Pemilih Akan Meningkat di Pilkada Jatim 2024

Diunggah pada : 20 Mei 2024 12:35:13 314
Anggota KPU Jatim, Nur Salam (pca)

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memprediksi jumlah pemilih pada Pilkada 2024 mendatang akan meningkat jika dibanding data Pemilu 14 Februari lalu. Penyelenggara Pemilu memperkirakan pada Pilkada November mendatang akan ada 32 juta pemilih.

Angka itu meningkat jika dibanding Pemilu 2024 lalu. Dimana saat itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT Jawa Timur mencapai 31 juta lebih. Komisioner KPU Jatim, Nur Salam mengatakan, estimasi itu mempertimbangkan banyak hal diantaranya faktor pertumbuhan penduduk.

Mengingat pencocokan dan penelitian atau coklit pemilu 2024 sudah berlangsung hampir satu tahun lebih. Faktor lain yang turut jadi perhatian adalah adanya masyarakat pindah pilih sebagimana Pemilu sebelumnya. "Sehingga, estimasi kita yakni diangka 32 juta sekian," kata Salam dikonfirmasi, Senin (20/5/2024).

KPU Jatim menyebut sengaja melakukan estimasi awal. Tujuannya memastikan persiapan. Namun, jumlah pemilih pasti nantinya masih akan menunggu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4 dari pemerintah. Data itu nantinya akan disinkronisasi dengan DPT terakhir. "Hari-hari ini KPU provinsi menggelar rapat koordinasi dengan KPU Kabupaten/kota untuk sinkronisasi data termasuk nanti akan dibreakdown per TPS," jelas Salam komisioner Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim.

Selain estimasi jumlah pemilih, KPU Jatim juga mulai memperhitungkan TPS untuk Pilkada nantinya. Dari estimasi awal, jumlah TPS Pilkada nantinya akan menyusut jika dibanding pada Pemilu 14 Februari. Sebab, per TPS diproyeksikan akan ada 600 pemilih. KPU RI pun beberapa waktu lalu sudah menyampaikan perihal jumlah maksimal pemilih di TPS.

Jumlah 600 pemilih di TPS itu diketahui Berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Dimana per TPS maksimal ada 300 pemilih. Sehingga, hal ini tentu berpengaruh terhadap jumlah TPS pada Pilkada. Meski demikian, KPU Jatim saat ini belum menyebut pasti jumlah TPS untuk Pilkada. "Penurunan jumlah TPS nantinya akan drastis,"pungkasnya. (pca/hjr)

#kpu jatim #pilkada 2024

Berita Terkait

Dihadiri Stakeholder Pemilu dan Bacalon
KPU Jatim Matangkan Tahapan Kampanye Pil...
11 September 2024
thumb
Tidak Ada Pendaftar di Masa Perpanjangan.
KPU ; Lima Daerah di Jatim Lawan Kotak K...
6 September 2024
thumb