Kamis, 19 September 2024

KPU Gelar Lomba Mural "Berani Memilih Untuk Surabaya"

Diunggah pada : 9 September 2024 12:31:26 98
Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Subairi saat melihat lomba mural di Surabaya. (dok. KPU Surabaya)

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada pada 27 Nopember 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya melakukan berbagai cara, yaitu salah satunya menggelar lomba mural bertema Berani Memilih Untuk Surabaya berlangsung meriah. Lomba mural yang digelar di beberapa jalan strategis di Surabaya, mulai digelar pada Minggu (8/9/2024).

 

Dimana lokasi lomba berada di wilayah Tambaksari, Simokerto, Jambangan, Lakarsantri, Benowo, Mulyorejo, Gununganyar dan kenjeran. Puluhan peserta siap beradu kreativitas dalam sapuan kuwas dan cat. Tampak lokasi yang dijadikan ajang lomba mural ini adalah tembok panjang yang sudah dicat putih oleh panitia.

 

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Subairi mengungkapkan bahwa lomba mural ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilu.

 

"Lomba mural ini merupakan salah satu strategi kami untuk menyebarluaskan pesan mengenai pentingnya hak suara. Kami berharap lomba ini bisa menarik perhatian dan memotivasi masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di hari pemilihan,” katanya dalam dikonfirmasi, Senin (9/9/2024).

 

Subairi menjelaskan, lomba mural sendiri dilaksanakan pada hari Minggu 8 September 2024, dan hasilnya akan diumumkan pada 12 September 2024. KPU Surabaya  menyediakan hadiah uang tunai total senilai Rp 13 juta bagi para pemenang lomba mural ini.

 

Salah satu peserta mural  Huse Eko Murwanto, yang lebih dikenal dengan sebutan Om Elang  mengungkapkan rasa bangganya bisa terlibat dalam ajang demokrasi lima tahunan ini, walaupun hanya lewat goresan tangan. "Saya merasa bangga dapat berkarya dan memberikan warna baru tidak hanya pada kanvas, tetapi juga pada lingkungan sekitar melalui mural seperti yang sedang saya kerjakan saat ini." ujar kakek berusia 64 tahun ini.

 

Dengan semangat yang tiada henti, ia berharap agar karyanya dapat menjadi sarana untuk merangkul masyarakat dan mempererat hubungan antarindividu. Dalam setiap lukisannya, terdapat harapan untuk menciptakan kedamaian dan keindahan di tengah-tengah hiruk-pikuk kehidupan modern.

 

Om Elang merupakan contoh nyata bahwa seni dapat menjadi ladang penghidupan yang tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga memberikan kepuasan batin yang tak ternilai. Ketekunan, kreativitas, dan semangat untuk terus berkarya dan ditambah dengan sifat rendah hati, menjadi saksi, bahwa setiap goresan warna akan memberikan rasa dan pesan yang tak akan terlupakan.(pca/hjr)

#pilkada 2024

Berita Terkait

Dihadiri Stakeholder Pemilu dan Bacalon
KPU Jatim Matangkan Tahapan Kampanye Pil...
11 September 2024
thumb
Tidak Ada Pendaftar di Masa Perpanjangan.
KPU ; Lima Daerah di Jatim Lawan Kotak K...
6 September 2024
thumb
Ambil Hasil Tes Kesehatan
KPU Pastikan Tiga Bakal Pasangan Calon K...
2 September 2024
thumb
Resmi Ditutup.
KPU : Ada Tiga Bacalon Ikut Daftar di Pi...
30 Agustus 2024
thumb