Senin, 16 September 2024

Pastikan Berjalan Lancar

KPU Jatim Pantau Tes Kesehatan Bacalon Pilkada 2024 di RS dr. Soetomo

Diunggah pada : 29 Agustus 2024 16:08:07 327
Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, memberi keterangan usai memantau tes kesehatan pasangan calon Pilkada 2024. Foto: pca JNR

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) mengawal proses pelaksanaan tes kesehatan, yang dijalani oleh bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, serta 35 Bacalon di RSUD dr. Soetomo, Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi menegaskan, kedatangan sejumlah komisioner KPU Jatim ini, sekaligus untuk meninjau dan melihat kesiapan tim tenaga kesehatan, dan juga fasilitas yang akan digunakan untuk melakukan tes kesehatan bacalon. “Jadi rekomendasinya itu mampu, tidak mampu, sehat atau tidak sehat, terus kemudian terindikasi atau tidak terindikasi untuk penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi aspek psikologis, jiwa, fisik dan narkoba. Untuk fisik, pemeriksaan terhadap jantung, THT (telinga, hidung, tenggorokan), mata dan sebagainya. Sedangkan narkoba, bekerjasama dengan BNNP.

Bakal calon Gubernur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, serangkaian tes kesehatan merupakan syarat wajib yang harus dijalankan oleh seluruh bakal calon kepala daerah. Baik tingkat Provinsi, maupun Kabupaten dan Kota. “Ini kami yang mewakili, bakal calon Gubernur, bakal calon Bupati, Walikota. Bakal calon Wakil Gubernur, Wakil Bupati, Wakil Walikota, InsyaAllah hari ini prosedur dari KPU, bahwa kita InsyaAllah bersama sama akan mengikuti proses ini,” ujarnya.

Khofifah - Emil akan menjalani serangkain tes kesehatan ini selama dua hari. Hari pertama merupakan pemeriksaan kesehatan fisik, dan hari kedua pemeriksaan kesehatan mental dan kejiwaan.

Bakal calon kepala daerah petahan ini optimis dapat melaksanakan serangkaian tes kesehatan ini dengan baik dan lancar. “Mudah mudahan berjalan dengan baik, lancar dan tentu tim kesehatan disini juga semuanya InsyaAllah wellpriper dan kami semua siap mengikuti SOP dari PKPU ini,” ucapnya. (pca/s)

#kpu jatim #pilkada 2024

Berita Terkait

Dihadiri Stakeholder Pemilu dan Bacalon
KPU Jatim Matangkan Tahapan Kampanye Pil...
11 September 2024
thumb
Tidak Ada Pendaftar di Masa Perpanjangan.
KPU ; Lima Daerah di Jatim Lawan Kotak K...
6 September 2024
thumb
Ambil Hasil Tes Kesehatan
KPU Pastikan Tiga Bakal Pasangan Calon K...
2 September 2024
thumb