Rabu, 1 Mei 2024

Kota Mojokerto Peringati Hari Cinta Satwa dan Puspa Nasional

Diunggah pada : 18 November 2023 17:25:27 41
Kerja Bakti di Kota Mojokerto dalam rangka memperingati Hari Cinta Satwa dan Puspa Nasional. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Pemerintah Kota Mojokerto memperingati Hari Cinta Satwa dan Puspa Nasional dengan kerja bakti. Ini sekaligus bagian dari Program Kali Bersih (Prokasih). Prokasih sempat terhenti karena pandemi. Tahun 2023, program ini kembali rutin digelar, Jumat pekan kedua setiap bulan.

"Kita turun bersama-sama stakeholder dan unsur masyarakat untuk membersihkan aliran sungai yang melintas di Kota Mojokerto. Ada tujuh sungai, bergiliran. Yang paling urgent, kita dahulukan," ujar Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari melalui rilis humas Pemerintah Kota Mojokerto (18/11/2023).

Selain membersihkan aliran sungai, kerja bakti yang digelar Dinas Lingkugan Hidup Kota Mojokerto ini juga menjadi edukasi bagi masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai. Mengingat, menumpuknya sampah di sungai dapat menyebabkan banjir serta mencegah air dari pencemaran, yang berakibat merugikan.

"Air yang bersih adalah sumber kehidupan. Jangan dicemari oleh sampah, seperti popok bekas, yang itu jelas-jelas akan akan membawa dampak buruk bagi air, lingkungan, dan kehidupan kita, di saat ini dan masa yang akan datang. Mari kita jaga lingungan bersih yang berkelanjutan untuk kita wariskan kepada anak cucu kita di masa depan," tutur Ning Ita panggilan akrab Wali Kota Mojokerto.

Sebagai solusi, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk memilah sampah sejak dari rumah tangga. Sampah yang masih memiliki nilai ekonomi, seperti jenis plastik, kardus, kaleng, dan sebagainya, dapat disetor ke bank sampah yang ada di lingkungan tempat tinggal warga.

"Mari kita ikut melestarikan lingkungan hidup. Mari kita ikut menjaga agar tidak banyak sampah yang berakhir ke TPA atau di sungai. Sejak dari rumah, kita pilah sampah kita, dan disetorkan ke bank sampah, bisa untuk bayar pajak dan berhadiah umroh pula," pungkas Ning Ita. (idc/s)

#Kota Mojokerto #lingkungan hidup #kerja bakti