Senin, 6 Mei 2024

Kota Bengkulu Ingin Adopsi Even Grebeg Suro Ponorogo

Diunggah pada : 1 Agustus 2023 22:15:36 26
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko beserta jajaran menyambut rombongan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Pringgitan, Selasa (1/8/2023) foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Kabupaten Ponorogo  kerap menjadi rujukan sejumlah kepala daerah di Indonesia untuk merumuskan kebijakan.  Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, juga sengaja berkunjung ke Kota Reog untuk berdiskusi dengan Bupati Sugiri Sancoko, Selasa (1/8/2023).

‘’Kami datang bersama rombongan ingin belajar dalam mengelola daerah karena Ponorogo bisa menjadi rujukan,’’ kata Helmi. 

Helmi dan Bupati Sugiri Sancoko, berbincang akrab saat bertemu di Pringgitan (rumah dinas bupati Ponorogo). Keduanya saling bertukar pikiran tentang upaya mensejahterakan masyarakat. Helmi sempat memuji Kang Bupati dalam mengelola event Grebeg Suro yang melibatkan langsung komunitas atau kelompok masyarakat. 

Kota Bengkulu hendak mengadopasi Grebeg Suro dengan menggelar Semarak Merah Putih pada 11 Agustus hingga 23 Agustus 2023. ‘’Kami  contoh dari Ponorogo karena dalam kegiatan berdurasi panjang yang mengumpulkan banyak orang akan menghidupkan perekonomian,’’ jelas Helmi.

Dia juga mengacungkan jempol karena Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) yang masuk rangkaian kegiatan Grebeg Suro menempati ranking atas Top-10 Kharisma Event Nusantara (KEN). Helmi mencermati agenda event di Ponorogo dirancang matang. ‘’Bengkulu saat ini sedang membangun kota baru. Namanya Kota Merah Putih yang diharapkan tidak pernah sepi dari kegiatan sehingga mendatangkan banyak orang,’’ ungkapnya.  

Selain belajar dan mengadopsi konsep event, Helmi secara khusus mengundang Kang Bupati untuk hadir dalam puncak peringatan Semarak Merah Putih di Kota Bengkulu. Pihaknya juga berharap Reog Ponorogo tampil untuk menyemarakkan acara. ‘’Mengundang Pak Bupati dan seniman reog datang ke Kota Bengkulu,’’ ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Sugiri Sancoko dengan rendah hati menjawab bahwa kunjungan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan layaknya kedatangan seorang dosen. Kota Bengkulu dengan Kota Merah Putih-nya mengajarkan banyak hal untuk Ponorogo agar tumbuh dan semakin bagus. ‘’Yang benar adalah kami berguru kepada  Pak Helmi Hasan,’’ terangnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo