Minggu, 19 Mei 2024

Kominfo RI Gelar Bimtek Strakom dan Konten Tematik Keketuaan ASEAN 2023

Diunggah pada : 2 Mei 2023 12:58:33 65
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Indonesia kembali dipercaya dalam keketuaan ASEAN di tahun 2023. Tema yang diusung adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Untuk mengoptimalkan sosialisasi dan diseminasi informasi terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Strategi Komunikasi dan Konten Tematik Keketuaan ASEAN 2023. 

Bimtek yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 2-3 Mei 2023 ini berlangsung secara daring dan luring di Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara ini dihadiri oleh para pengelola media sosial pemerintah baik pusat maupun daerah.  

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong menuturkan bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas para pengelola media sosial pemerintah dalam melakukan komunikasi publik, mulai dari perumusan strategi komunikasi hingga implementasi. 

“Strategi ini perlu kita rumuskan, tapi yang paling penting adalah implementasinya, maka penting sekali harus ada monitoring. Mari kita isi media sosial Kementerian/Lembaga dan Pemda dengan konten keketuaan Indonesia di ASEAN. Semoga kita juga bisa meningkatkan nation branding dan kepercayaan publik kepada pemerintah,” ujar Usman, Selasa (2/5/2023). 

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Hasyim Gautama melaporkan bahwa sebanyak lebih kurang 80 orang hadir secara luring dan lebih kurang 300 partisipan hadir secara daring dalam bimtek ini. 

“Tema yang diusung kali ini diharapkan dapat mewujudkan kekuatan regional Asia Tenggara yang stabil, aman, damai, sehingga nantinya ASEAN tetap relevan di mata dunia. Maka, diperlukan strategi dan perencanaan komunikasi yang baik agar kembali meraih kesuksesan seperti dalam penyelenggaraan G20. Nanti kita juga akan lihat apakah ada amplifikasi informasi dari Bapak/Ibu yang hadir di Bimtek ini,” terang Hasyim Gautama.

Adapun Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu turut berharap bimtek ini mampu membawa manfaat terhadap peningkatan keterampilan pengelolaan media sosial pemerintah dalam pembuatan strategi komunikasi dan pembuatan konten sesuai dengan narasi besar keketuaan ASEAN. 

Bimtek ini menghadirkan dua narasumber. Pertama, Akademisi Ilmu Komunikasi, Dorien Kartikawangi yang menyampaikan tentang perkembangan strategi komunikasi di era saat ini dan masa depan. Kedua, Direktur Informasi dan Media, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri RI, Hartyo Harkomoyo yang membahas tentang program prioritas ASEAN dan kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung selama tahun 2023. (idc/n)

#ASEAN #Kementerian Kominfo RI #ASEAN Matters: Epicentrum of Growth