Rabu, 1 Mei 2024

Indonesia Pastikan ASEAN Jadi Motor Perdamaian dan Kesejahteraan Dunia

Diunggah pada : 28 Agustus 2023 14:53:07 54
Tangkapan Layar saat Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Usman Kansong menyampaikan sambutan secara daring dalam Konvensi Nasional Pranata Humas, Senin (28/8/2023), di Yogyakarta.

Jatim Newsroom - Indonesia bersama negara anggota ASEAN lainnya akan memastikan ASEAN yang tetap dan semakin relevan bagi dunia, baik berperan sentral sebagai motor perdamaian maupun kesejahteraan kawasan dan dunia. Dalam konteks ini, pengelolaan informasi dan komunikasi menjadi krusial.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Budi Arie Setiadi dalam kegiatan Konvensi Nasional Pranata Humas, Senin (28/8/2023), di Yogyakarta. Kegiatan ini digelar untuk mengglorifikasikan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, khususnya KTT ke-43 ASEAN yang akan diselenggarakan di Jakarta 5-7 September 2023.

Kegiatan bertajuk “Peran Penting Pranata Humas Mengawal Orkestrasi Gelaran ASEAN Summit 2023” ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Kominfo RI.

Senada dengan Menkominfo RI, Dirjen IKP Kominfo RI, Usman Kansong menekankan transparansi, akurasi, dan strategi komunikasi adalah kunci utama dalam membentuk persepsi ASEAN terutama menjelang KTT ke-43 ASEAN di Jakarta."Kami sadari upaya ini memerlukan kolaborasi yang erat. Sejalan dengan dinamika komunikasi publik ini, salah satu komunikator pemerintah yang menjadi ujung tombak untuk menjangkau publik adalah pejabat fungsional pranata humas," terangnya.

Ia meyakini pranata humas dapat berperan aktif dalam proses komunikasi publik, salah satunya pengelolaan komunikasi dan informasi menjelang KTT ASEAN 2023. Melalui kerja sama yang erat, Ia yakin dukungan dari Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) Indonesia akan menjadi pilar yang kuat dalam memberikan dukungan menyukseskan gelaran KTT ASEAN 2023."Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya mengajak rekan-rekan pranata humas dari Sabang sampai Merauke dan Ikatan Pranata Humas sebagai mitra Kementerian Kominfo untuk berkontribusi dalam mengglorifikasi momentum berharga ini," tegasnya.

Melalui konvensi nasional ini, lanjut Usman, Humas Pemerintah akan merumuskan langkah-langkah yang lebih cermat dan produktif dalam melaksanakan tugas. Tentunya dengan mematuhi kode etik dan perilaku yang menggambarkan seorang pranata humas professional.

"Rekan-rekan humas sekalian, hari ini kita berkumpul dengan tujuan jelas. Kolaborasi dan dedikasi kita akan membawa dampak besar pada acara penting. Dengan langkah bersama, kita akan memastikan bahwa informasi mengenai gelaran KTT ASEAN 2023 mencapai semua lapisan masyarakat," tuturnya. (idc/hjr)


#kominfo #Pranata Humas #ASEAN #KTT ASEAN