Selasa, 23 April 2024

Kominfo Pusat dan Jatim Sinergi Jaga Kualitas Konten Publikasi dan Portal Berita Pemerintah

Diunggah pada : 20 Februari 2024 20:20:07 34
Audiensi Kadis Kominfo Jatim dan Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, di Jakarta, Selasa (20/2/2024)

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Prov Jatim) dan Kominfo Pusat siap bersinergi menjaga kualitas konten publikasi dan portal pemerintah.

Itu disampaikan saat Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin menemui Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, Hasyim Gautama di kantor Kementerian Kominfo RI Jakarta, Selasa (20/2/2024). 

Beberapa hal dibahas antara lain terkait portal Info Publik dan Indonesia Kini yang dikelola Kementerian Kominfo RI, permohonan sebagai narasumber dari Kementerian Kominfo RI untuk pelatihan peningkatan kualitas konten media pemerintah di Jawa Timur, evaluasi media dan portal berita pemerintah di Jawa Timur, dan lain-lain.

Kadis Sherlita menyampaikan, pihaknya ingin meningkatkan partisipasi pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Timur untuk semakin aktif mendiseminasikan program dan kebijakan pemerintah. 

Dalam diskusi yang juga melibatkan Koordinator Media Online Kementerian Kominfo RI, Matroji ini sejumlah usulan disampaikan. Salah satunya dengan mengembangkan portal Info Publik Pemerintah Provinsi yang menaungi pemberitaan dari Pemerintah Kabupaten/Kota. 

Selain itu, Kadis Sherlita mengundang pihak redaksi Info Publik datang ke Jawa Timur untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) publikasi pemerintah daerah di Jawa Timur melalui kanal Info Publik. 

"Jadi bisa disampaikan siapa yang aktif dan tidak aktif. Best practice-nya dari kabupaten/kota yang aktif seperti apa. Lalu apa keuntungan yang diperoleh pemda dengan bergabung di portal Info Publik," ujar Kadis Sherlita. 

Kadis Kominfo Jatim pun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas SDM Tim Publikasi di instansi yang dipimpinnya melalui berbagai pelatihan. 

"Baik itu pelatihan jurnalistik, fotografi, membuat konten, desain grafis, bahkan media monitoring juga kami butuhkan, kami siap mengirimkan tim untuk terus belajar dari Kominfo RI," tegasnya. 

Menyikapi perkembangan media sosial saat ini pun, Kadis Sherlita menuturkan berita yang dipublikasikan di website juga ditayangkan di media sosial Dinas Kominfo Jatim. "Jadi berita di website juga kami posting di IG kami," katanya. 

Pengoptimalan peran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) juga dibahas dalam diskusi ini. Pasalnya, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri dalam proses diseminasi informasi. KIM yang lebih dekat dengan masyarakat bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk menyampaikan berbagai program dan kebijakan. (idc/hjr)

#kominfo jatim #Humas Pemerintah #komunikasi