Sabtu, 2 Maret 2024

Kominfo Kota Mojokerto Bimtek Satu Data

Diunggah pada : 30 November 2023 17:35:47 28
Bimtek Laporan Rekomendasi Kegiatan Statistik (Romantik) Online dan Metadata Satu Data Informasi Kota Mojokerto (Satikomo). Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kota Mojokerto terus berupaya menyelenggarakan tata kelola data sektoral untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian penyelenggaraan pembangunan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (30/11/2023), salah satu langkah yang diambil adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto mengadakan bimbingan teknis Laporan Rekomendasi Kegiatan Statistik (Romantik) Online dan Metadata Satu Data Informasi Kota Mojokerto (Satikomo), di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto.

Kegiatan selama dua hari tanggal 29-30 November 2023 dan dibuka oleh Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari ini diikuti produsen data dan operator data pada seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kota Mojokerto.

Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto tersebut berharap melalui kegiatan bimtek ini seluruh perangkat daerah dapat meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam rangka penguatan data yang dihasilkan terkait dengan pengadaan dan pemanfaatan data.

“Semoga hasil dari bimtek ini dapat diimplementasikan pada masing-masing perangkat daerah agar laporan rekomendasi kegiatan statistik serta metadata yang dilaporkan dalam aplikasi (indah.bps.go.id) meningkat,” harap Ning Ita.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias mengatakan Satikomo saat ini telah terintegrasi dengan Satu Data Indonesia dan Open Data Jawa Timur, serta menjadi benchmarking dari beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Alhamdulillah mulai tahun 2021 sampai dengan saat ini Satikomo menjadi benchmarking dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, Satikomo juga sudah direplikasi oleh dua kabupaten yaitu Ponorogo dan Bondowoso,” terang Santi dalam acara yang juga dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mojokerto, Mimik Nurjanti. (idc/s)

#statistik #Kota Mojokerto