Senin, 6 Mei 2024

Kominfo Kabupaten Mojokerto Susun Arsitektur SPBE 2024-2028

Diunggah pada : 23 November 2023 17:21:12 92
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mojokerto menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024-2028 di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, tanggal 22-24 November 2023. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mojokerto menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024-2028 di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Kamis (23/11/2023), kegiatan dilaksanakan selama tiga hari tanggal 22-24 November 2023 dan diikuti oleh seluruh kepala dan sekretaris perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto mengungkapkan, arsitektur SPBE 2024-2028 telah disusun sejak bulan Juli 2023. Penyusunan ini, telah melewati beberapa tahapan mulai dari sosialisasi hingga pengumpulan data.

Dari hasil tersebut, lanjut Ardi, penyusunan arsitektur SPBE 2024-2028 menciptakan sebuah draf dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE berupa buku. Pertama, kondisi saat ini dan analisis GAP SPBE Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Kedua, arsitektur proses bisnis dan SOP SPBE.

Ketiga, arsitektur data dan informasi dan layanan SPBE. Keempat, arsitektur aplikasi SPBE. Kelima, arsitektur infrastruktur SPBE. Keenam, arsitektur keamanan SPBE. Ketujuh, arsitektur tata kelola dan manajemen SPBE, serta penyelenggara SPBE. Delapan, peta rencana, dan perkiraan biaya paket kegiatan SPBE. Terakhir, executive summary. "Ini diperoleh mulai dari sosialisasi, survei dan banyak diskusi dengan banyak pihak," ucap Ardi.

Ardi juga mengatakan, dalam arsitektur SPBE 2024-2028 ke depannya akan menciptakan dua inovasi berbasis digital yakni sebuah inovasi untuk mempermudah administrasi pemerintah dan inovasi untuk pelayanan masyarakat.

"E-office ini untuk mempermudah administrasi pemerintahan sedangkan SuperApps untuk pelayanan masyarakat umum," jelasnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Ardi berharap, nilai indeks SPBE Kabupaten Mojokerto setiap tahun semakin meningkat.

"Saat ini pencapaian nilai indeks SPBE kita 2,73 tentunya d itahun-tahun depan di tahun 2024 nanti sesuai dengan roadmap target nilai indeks SPBE 3,3," harapnya.

Pada kesempatan ini, Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto juga memberikan penghargaan terhadap perangkat daerah yang telah melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Penghargaan itu dibagi ke dalam empat kategori, di antaranya pengelolaan perjalanan dinas terbaik, tanda tangan elektronik terbanyak, pelaporan satu data palapa terlengkap dan website teraktif. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #Arsitektur SPBE #Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik