Minggu, 5 Mei 2024

Kominfo Jatim – PT Tristan Pratama Indodata Bahas Perkembangan Teknologi pada Pemerintahan

Diunggah pada : 21 September 2023 14:50:08 126
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita (jilbab coklat) saat sesi foto bersama usai audiensi dengan PT. Tristan Pratama Indodata di kantornya, Kamis (21/9/2023). Foto : Ghufron / JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin, menerima audiensi dari PT. Tristan Pratama Indodata di kantornya, Kamis (21/9/2023). Audiensi ini membahas terkait perkembangan teknologi pada pemerintahan yang berupa smart province dan smart city. 

Audiensi dihadiri oleh Direktur Utama (Dirut) PT. Tristan Pratama Indodata, Roni, beserta tiga orang stafnya. Mendampingi Kadiskominfo Sherlita dalam menerima audiensi ini, yaitu Kepala Bidang (Kabid) Data dan Statistik (Dastik) Dewi Nirmala, serta Kabid Infrastruktur, Gugi A Wicaksono. 

Selama diskusi, Kadiskominfo Jatim Sherlita menyampaikan pihaknya bersedia menjalin kolaborasi dengan PT. Tristan Pratama Indodata terkait perkembangan teknologi pada pemerintahan. 

“Apalagi jikalau rencana kerja sama ini sesuai dengan kebutuhan yang ada pada Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur,” jelasnya. 

Kepada PT. Tristan Pratama Indodata, Sherlita berharap, kolaborasi ini nantinya supaya bisa dibuat semenarik mungkin agar Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur tertarik untuk terlibat di dalamnya. 

“Saya harap agar bisa dibuatkan kolaborasi semenarik mungkin tentang program ke depan,” harapnya. 

Sementara itu, saat ditemui usai audiensi, Dirut PT. Tristan Pratama Indodata, Roni, mengungkapkan, selain bertujuan untuk kolaborasi terkait perkembangan teknologi pada pemerintahan, audiensi ini juga membahas tentang kolaborasi bersama dengan pihak Kominfo Kabupaten/Kota dan SKPD terkait yang ada Provinsi Jawa Timur mengenai kebutuhan saat ini yaitu cyber security atau keamanan siber. 

“Di sana topik-topik yang akan kita angkat sesuai kebutuhan saat ini yaitu cyber security.  Jadi, cyber security memang banyak variannya, tapi saat ini memang sangat dibutuhkan, karena semua data-data yang penting itu sudah dalam bentuk digital tentunya proteksi harus diutamakan. Kita akan melakukan semacam kegiatan Focus Group Discussion atau FGD terkait dengan informasi dan solusi pemerintahan,” ungkapnya.

Roni menjelaskan, PT. Tristan Pratama Indodata adalah perusahan yang berperan sebagai system integrator yang bertugas mengintegrasikan suatu sistem dalam IT, yang di dalamnya terdiri dari tiga hal pokok, yaitu hardware, network, dan aplikasi. 

“Ketiga hal pokok itu harus diintegrasikan dan harus balance semuanya, sehingga mendapatkan out put  atau hasil memuaskan untuk pengguna. Termasuk security atau keamanan siber, saat ini keamananan internet cukup dominan karena semakin banyaknya serangan-serangan siber yang ada, itu menjadi salah satu konsep kami,” tutur Roni. 

Melalui audiensi ini, Roni berharap pihaknya bisa mendukung teknologi informasi di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), khususnya di Dinas Kominfo baik tingkat provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur. (vin/s) 

#kominfo jatim #smart city #Kadiskominfo Jatim #teknologi informasi #IT