Jumat, 3 Mei 2024

Kominfo Jatim Jadi Lokasi Pelatihan TIK Dekranasda

Diunggah pada : 27 November 2023 12:09:25 43
Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Achmad Fadlil Chusni dalam Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi UKM, IKM, dan UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, di kantor Dinas Kominfo Jatim, Senin (27/11/2023). Foto: Henry/JNR

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) menjadi lokasi workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Industri Kecil dan Menengah (IKM), Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Senin (27/11/2023). 

“Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan sarat utama bagi pelaku usaha e-commerce untuk menjalankan bisnis digital,” ujar Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Achmad Fadlil Chusni, yang hadir mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin. 

Ia melaporkan workshop ini terdiri dari pemaparan materi, diskusi tanya jawab, dan praktik. Sebanyak 120 pelaku usaha binaan Dekranasda Jatim di bidang makanan dan minuman, kerajinan, dan fashion hadir dalam pelatihan ini. Ada juga beberapa display product dari para peserta.   

Kegiatan ini menghadirkan Mentor Digital Marketing E-commerce Expert, Abdul Hamid Hasan yang menyampaikan tentang optimalisasi e-commerce. Narasumber kedua adalah Broadcaster dan Public Speaker, Vinna Christie yang menyampaikan tentang cara menjadi live streamer online shopping.

Workshop TIK ini, lanjut Fadlil, merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UKM, IKM, dan UMKM tentang optimalisasi pemanfaatan e-commerce. 

Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak pun hadir membuka kegiatan pelatihan ini. Arumi berharap UKM, IKM, dan UMKM di Jawa Timur bisa semakin memiliki kesempatan untuk terus berkembang. Tak lupa, Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kominfo Jatim atas dukungan penyelenggaraan kegiatan. 

“Semoga pelatihan ini membawa perubahan kepada bisnis Bapak/Ibu semua. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Dinas Kominfo Jatim atas kerja sama dan fasilitas yang diberikan untuk teman-teman binaan kami,” kata Arumi. (idc/s)

#UMKM #Dekranasda Jatim #kominfo jatim #teknologi informasi dan komunikasi