Senin, 6 Mei 2024

KLHK Gelar Indonesia Climate Change Expo & Forum 2023 di Surabaya

Diunggah pada : 6 Juli 2023 17:12:16 472
Dirjen PHL KLHK, Dr Agus Justianto bersama Kadis ESDM, Nurcholis saat mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di acara Indonesia Climate Change Expo & Forum 2023. (Ryanda)

Jatim Newsroom – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakanIndonesia Climate Change Expo & Forum 2023 di convecation hall Grand City Surabaya, Kamis (6/7/2023).

Dimana Indonesia Climate Change Expo & Forum 2023 ini dibuka oleh Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (Dirjen PHL) KLHK, Dr Agus Justianto, dan juga dihadiri oleh Dinas ESDM yang mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Dinas Kehutanan.

Dirjen PHL KLHK, Dr Agus Justianto mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengendalian perubahan iklim. Menurutnya ada tiga tantangan yang saling terkait berupa perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi.   “Di tengah krisis itu tidak ada pilihan lain selain bekerjasama. Menjadi panggilan kita semua untuk melakukan akselerasi aksi-aksi nyata memerangi tantangan tersebut,”katanya.

Agus menjelakan, Indonesia terus berupaya untuk memimpin agenda pengendalian perubahan iklim.   Dokumen peningkatan kontribusi yang ditentukan secara nasional atau enhanced NDC berisi peningkatan target penurunan emisi Indonesia dari 29 persen menjadi 31,89 persen dengan kemampuan negara sendiri, dan dari 41 persen menjadi 43,20 persen dengan dukungan internasional.

Hal itu sejalan dengan aksi menjaga emisi karbon seimbang dimana emisi karbon yang diserap sama atau lebih besar dari emisi karbon yang dikeluarkan. "Kondisi ini menjadi tujuan keberhasilan program pengurangan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya dengan jargon Indonesia’s FOLU Net Sink 2030," ujarnya.

Ia menyampaikan, pameran ini diselenggarakan mulai 6 – 9 Juli 2023 ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk menjadi bagian dari solusi melalui berbagai aksi nyata penyelamatan lingkungan. ICCEF 2023 merupakan rangkaian kegiatan menuju agenda internasional 28th Conference of the Parties United Nations Framework Convention on Climate Change (COP28 UNFCCC) tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sementara itu Kadis ESDM Jatim, Nurcholis yang mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan terima kasih kepada Kementerian LHK telah menyelenggarakan kegiatan di Surabaya Jatim. Pemerintah Provinsi Jatim terus mendukung pengendalian perubahan iklim yang sudah direncanakan oleh pemerintah melalui KLHK.

Diantaranya, untuk mendukung Net zero emissions atau nol emisi karbon pemerintah provinsi Jatim ada peraturan daerah (perda) rencana umum Energi tahun 2022 yang kemudian sudah direvisi kembali. Kemudian pemerintah provinsi juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Kemudian ada pergub 47 tahun 2022 yaitu tentang pengenakan pajak bagi kendaraan listrik hanya 10 persen. Sehingga masyarakat bisa minat untuk membeli motor listrik. Kemudian Pemprov Jatim juga memberikan bantuan Solar Home Sistem (SHM) ke rumah yang saat ini belum dialirin listrik dan tempat terpencil.

Kemudian, di dinas kehutanan provinsi juga ada program untuk mendukung perubahan iklim tersebut yaitu festival penanaman mangrove yang diadakan setiap tahunnya. Dan ini sudah tahun ke empat untuk penanaman mangrove. Dan juga pihak pemprov juga menyiapkan listrik dengan energi panas bumi yang akan dibangun dikawasan ijen Banyuwangi. (pca/hjr)

 

#DLH #dinas kehutanan jatim #KLHK #dinas ESDM