Minggu, 19 Mei 2024

Pemprov dan Stakholder di Jatim Dukung Kegiatan Survey 3D Seismik North Ketapang Madura

Diunggah pada : 18 Desember 2023 19:09:58 89
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Dr. Nurkholis S.Sos., M.Si., CIPA, CIHCM usai sosialisasi survey 3D Seismik North Ketapang bersama pemangku kegiatan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Polri/TNI, Tokoh dan Masyarakat Madura yang diselenggarakan di ESDM Jatim. (Dok ESDM)

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan stakeholder pemerintah pusat, dan kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, serta Sumenep mendukung pelaksanaan kegiatan Survey 3D Seismik North Ketapang oleh Petronas North Ketapang di Madura.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Dr. Nurkholis S.Sos., M.Si., CIPA, CIHCM saat sosialisasi survey 3D Seismik North Ketapang bersama pemangku kegiatan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Polri/TNI, Tokoh dan Masyarakat Madura yang diselenggarakan di ESDM Jatim, Senin (18/12/2023). "Atas nama Pemerintah Provinsi Jatim, menyampaikan terima kasih kepada Petronas North Ketapang telah melakukan sosialisasi Survey 3D Seismik North Ketapang,"katanya.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan wujud koordinasi untuk mewujudkan sinergitas antara Pemprov, Pemkab se wilayah madura, masyarakat dan Petronas Petronas North Ketapang dalam rangka mengoptimalkan peningkatan pelaksanaan kegiatan usaha hulu migas di Jawa Timur. Khususnya terkait metode yang digunakan dalam survey struktur bawah permukaan di Wilayah Kerja Petronas North Ketapang.

Ia juga menyampaikan, bahwa saat ini di wilayah Jawa Timur terdapat 28 (dua puluh delapan) Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi (Migas), yang statusnya 8 (delapan) eksplorasi, 17 (tujuh belas) produksi dan 2 (dua) pengembangan. Pada tahun 2023 sampai dengan bulan Oktober rata-rata produksi minyak bumi dan kondensat sebesar 192,941 Barrel Oil Per Day (BOPD) dan Gas Bumi sebesar 21.333.762 Million Metric Standart Cubic Feed Day (MMSCFD). "Jawa Timur menduduki peringat ke-3 merupakan daerah penghasil Migas yang besar setelah Riau dan Kalimantan Timur,"katanya.

Terkait kegiatan eksplorasi (survey seismik 3D) migas lapangan North Ketapang di lepas pantai utara sepanjang Kabupaten Bangkalan s.d. Kabupaten Sumenep – Jawa Timur ini akan dikerjakan selama 30 hari pada bulan Januari 2024. Kegiatan Survey 3D Seismik North Ketapang, pihaknya berharap agar adanya kolaborasi dan sinergitas program kegiatan antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan masyarakat.  

"Maka diminta setiap tahapan pelaksanaan kegiatan di lapangan dapatnya berkoordinasi dan melibatkan Pemerintah Provinsi. Pemerintah Daerah dan masyarakat, sehingga kegiatan Survey 3D Seismik North Ketapang oleh Petronas North Ketapang ini memberikan dampak multiplier efek bagi perekonomian Jawa Timur,"harapnya.

"Semoga kegiatan Petronas North Ketapang ini dapat berlangsung dengan lancar dan memberikan kontribusi untuk mendukung ketahanan penyediaan energi di Jawa Timur, sehingga mendorong percepatan pembangunan di sektor industri, pembangkitan, dan rumah tangga,"pungkasnya. (pca)

#dinas ESDM #kementerian ESDM