Jumat, 3 Mei 2024

Kirab Pemilu Tiba, Pemkab Ponorogo Komitmen Jaga Integrasi Bangsa

Diunggah pada : 12 Juli 2023 18:40:55 32
Bupati Sugiri Sancoko menandatangani deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa di halaman KPU Ponorogo, Rabu (12/7/2023). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat. Bendera partai yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sengaja dikirab keliling Indonesia hingga tiba di Ponorogo, Rabu (12/7/2023). Kedatangan rombongan pengirab bendera partai tersebut disambut di halaman KPU Kabupaten Ponorogo. 

Penyambutan kirab bendera partai di Ponorogo dimeriahkan pertunjukan reog dan gajah-gajahan. Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, kemudian menandatangani deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. ‘’Ini bukan sekadar mengirabkan bendera. Ada makna mendalam yang salah satunya adalah komitmen bersama dalam menjaga negara demokrasi,’’ katanya. 

Menurut Bupati, komitmen bersama itu juga menyangkut pelaksanaan pemilu yang berasas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pemilu 2024 serasa istimewa karena pemungutan suara pemilihan presiden-wakil presiden, serta anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD dilakukan serentak pada 14 Februari 2024. Sedangkan pilkada serentak untuk pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota berlangsung 27 November 2024.       

Ketua KPU Kabupaten Ponorogo, Munajat, mengungkapkan, kirab Pemilu 2024 berangkat dari Kalimantan. Bendera partai peserta pemilu yang dikirab itu diserahterimakan di Surabaya lantas diarak ke Probolinggo, Pasuruan, Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, dan terakhir di Pacitan. ‘’Selama di Ponorogo akan dikirabkan ke beberapa kecamatan sebelum diserahkan ke KPU Pacitan,'' ujar Munajat. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo