Selasa, 23 Juli 2024

Keyakinan Konsumen Tetap Kuat di Bulan Mei 2024

Diunggah pada : 11 Juni 2024 18:36:54 60

Jatim Newsroom- Bank Indonesia merilis Survei Konsumen pada Mei 2024 yang mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2024 sebesar 125,2, yang berada dalam level optimis (>100).

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, menjelaskan, bahwa kuatnya keyakinan konsumen didukung oleh Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). "Kedua indeks tersebut tetap kuat, didukung oleh optimisme pada seluruh komponen pembentuknya," ujar Erwin.

IKE pada Mei 2024 tercatat sebesar 118,6 atau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 116,2. Kenaikan IKE bersumber dari penilaian positif konsumen terhadap kondisi pendapatan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi pendapatan enam bulan mendatang.

Sementara itu, IEK pada Mei 2024 naik dari 132,5 menjadi 133,2. Optimisme konsumen didukung oleh ekspektasi yang kuat terhadap kondisi perekonomian enam bulan ke depan, baik dari sisi lapangan kerja, penghasilan, maupun harga-harga.

"Optimisme konsumen menunjukkan bahwa masyarakat percaya pada kemampuan ekonomi Indonesia untuk tumbuh di masa depan. Hal ini akan berdampak positif pada konsumsi rumah tangga, yang merupakan komponen penting dalam perekonomian," kata Erwin.

Bank Indonesia akan terus memantau keyakinan konsumen sebagai salah satu indikator kondisi perekonomian. Otoritas moneter optimis bahwa IKK akan tetap kuat dalam beberapa bulan ke depan, seiring dengan upaya pemerintah dan Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas ekonomi dan mendorong pertumbuhan.

Bank Indonesia juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam mengambil keputusan konsumsi dan investasi. "Konsumen perlu mempertimbangkan kemampuan finansialnya dan memilih produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing," pungkas Erwin. (jal/hjr)

#bankindonesia