Jumat, 26 April 2024

Ketua TP PKK Percantik Alun-alun dengan Bougenvil Variegata

Diunggah pada : 27 Januari 2023 14:33:27 19
Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin (kiri), melakukan penanaman ratusan bunga, di dalam Alun-alun Kota Probolinggo, Jumat (27/1/2023).

Jatim Newsroom – Dalam rangka memperingati Hari Gerakan 1 Juta Pohon yang jatuh pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya dan sekaligus Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin, didampingi Plh. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suciati Ningsih, melakukan penanaman ratusan bunga, di dalam Alun-alun Kota Probolinggo, Jumat (27/1/2023).

“Jumlahnya disesuaikan dengan momen refleksi ke empat tahun kepemimpinan Bapak Wali Kota. Untuk penghijauan dan memperindah wajah kota, pastinya. Gak cuma sekadar nanem bunga aja, nanti ada tambahannya juga. Makanya (penempatan lubang tanamannya) itu di tengah,” ucap Plh. Sekdis yang juga Kabid Konservasi dan Pertamanan, dikutip dari rilis Diskominfo Kota Probolinggo

Sebanyak 444 bunga jenis bougenvil variegata, ditanam mengelilingi lokasi dalam area Alun-alun dengan tujuan menciptakan lingkungan yang hijau, indah dan lestari. Serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup untuk mewujudkan Kota Probolinggo yang hijau serta memantapkan jiwa kebersamaan dalam membangun masyarakat sejahtera.

Selain itu juga meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan budaya pemeliharaan pohon yang berkelanjutan, guna mengurangi dampak pemanasan global. Termasuk meningkatkan peran serta masyarakat dan stakeholder untuk lebih mencintai lingkungan.

Giat bertajuk Gerakan Menanam Bersama Wujudkan Pro Handal (Probolinggo Hijau, Indah dan Lestari) itu juga turut mengundang Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Probolinggo, Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati (Komtari Kehati) dan pelajar perwakilan dari Sekolah Adiwiyata. 

Pada kesempatan itu juga diberikan sosialisasi dengan materi seputar peran serta masyarakat terhadap pelestarian lingkungan dengan menghadirkan narasumber dari Komtari Kehati, bernama Sulastri.

Lebih meriah, giat yang dimulai sekira pukul 07.30 tersebut, juga diisi dengan pemberian doorprize bagi pelajar yang beruntung menjawab pertanyaan yang dilempar oleh Pembina Adiwiyata Tri Kartin M.

“Hayoo siapa yang tahu, setiap tanggal berapa hari Gerakan menanam satu juta pohon diperingati? Acungkan tangan!,” serunya yang kemudian mendapat antusias dari perwakilan pelajar yang datang.

Muhamad Reihan, salah seorang pelajar yang ikut dalam giat penanaman bunga, mengaku bangga bisa hadir dan terpilih mewakili sekolahnya di momen ini. “Senang bisa ikut ambil bagian dalam merawat lingkungan yang lebih sehat,” ujarnya. (ghf/n)

 

#kota Probolinggo #TP PKK