Kamis, 2 Mei 2024

Ketua DPRD Jatim, Kusnadi : Festival Gubernur Soerjo Akan Diadakan Setiap Tahun

Diunggah pada : 21 November 2022 11:31:58 35
Ketua DPRD Jatim, Kusnadi dan Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak saat menutup acara puncak festival Gubernur Soerjo di Magetan. (Pca/hjr)

Jatim Newsroom - Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi mengatakan acara Puncak Apresiasi Seni dan Budaya Jawa Timur atau festival Gubernur Soerjo yang berlangsung di GOR Ki Magetan, Sabtu (19/11/2022) malam, akan diadakan tiap tahunnya. Hal ini dilakukan, agar kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan sektor UMKM di Magetan yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Parade budaya yang dibalut Festival Gubernur Soerjo yang menampilkan semua produk di Magetan juga akan kita adakan rutin setiap tahunnya,"tegas Kusnadi dikonfirmasi, Senin (21/11/2022).

Seperti diketahui, acara penutup Festival Gubernur Soerjo tahun 2022 itu mendatangkan penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga. Selain itu, penampilan Reog Ponorogo dari paguyuban Gagrak Magetan dan pelawak Kartolo Cs juga ikut menghibur penonton.

Menurut Kusnadi, rangkaian kegiatan itu digelar sebagai bentuk kebanggan Pemprov Jatim atas jasa putra asli Magetan, yakni Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau Gubernur Suryo yang merupakan gubernur pertama Provinsi Jawa Timur periode 1945-1948. "Karena perjuangan beliau, sejak sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan Indonesia, maka lahirlah Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang selalu diperingati bersama setiap tanggal 10 November," katanya.

Kusnadi menegaskan, perpindahan Gubernur Soerjo dari Bojonegoro ke Surabaya dan menjadi momentum hari lahirnya pemerintahan Jatim. “Maka, tanggal 11 (November) kita mengadakan haul untuk almarhum dan mendoakan semua dosa dosanya diampuni dan diterima di surga-Nya,” jelasnya.

Sementara itu Wakil ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak mengatakan UMKM di Jawa Timur saat ini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah. “Kita lihat dari nawa bakti satya program gubernur sangat menaruh perhatian penuh terhadap UMKM di Jawa Timur,” jelasnya

Sahat mengatakan wajib hukumnya bagi Pemprov melakukan pembinaan, memfasilitasi dan memberikan permodalan bagi UMKM agar bisa tetap eksis ditengah kebangkitan ekonomi saat ini akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Sahat mengatakan soal legalitas dari UMKM di Jawa Timur yang cenderung lemah, maka sudah menjadi tugas pemerintah dalam memfasilitasi dan membina UMKM. “Tugas pemerintah itu menyiapkan infrastruktur dalam marketing, jaringan, legalitas dan lainnya,” jelasnya.

Dampak yang diharapkan jika pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap UMKM, sambung Sahat, maka kelangsungan hidup UMKM di Jawa Timur bisa hidup dan menjadi salah satu indikator kebangkitan perekonomian di Jawa Timur. Diungkapkan juga oleh Sahat,UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Jatim yang turut serta berperan mewujudkan keseimbangan pembangunan ekonomi, baik antar kelompok, antar sektor, dan antar wilayah.

Bagi DPRD Jawa Timur, lanjut Sahat, mendukung penuh seluruh program-program yang dilakukan Pemprov dalam membangkitkan perekonomian di Jawa Timur. “Secara teknis, Pemprov yang tahu apa yang harus dilakukan. Kita pasang badan apapun yang dilakukan Pemprov dalam upaya menumbuhkan perekonomian masyarakat di Jawa Timur,” tutupnya.

Pemprov Jatim terus berusaha mendukung dan menjawab tantangan yang dihadapi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari hulu ke hilir melalui ekosistem yang sudah dibuat.Hal ini sesuai dengan tiga poin dalam Nawa Bhakti Satya yaitu Jatim Kerja, Jatim Berdaya, dan Jatim Agro.

Pemprov Jatim juga memberikan kemudahan pendanaan dan perizinan pada UMKM seperti melalui Sistem Aplikasi Pengajuan Dana Bergulir (SAPDA) Dinas Koperasi dan UKM Jatim (sapda.diskopukm.jatimprov.go.id) dan perizinan melalui OSS yang terintegrasi dengan DPMPTSP Provinsi Jatim.

Sementara itu, Bupati Magetan, Suprawoto mengucapkan banyak terimakasih pada Pemprov Jatim dalam hal ini Ketua DPRD Jatim. Pelaksanaan Festival Gubernur Soerjo ini memberikan makna luar biasa, setidaknya untuk mengingatkan bahwa Gubernur Soerjo adalah gubernur Jatim pertama. “Mari kita teladani semua hal pengorbanannya. Mari kita maknai festival ini sebaik-baiknya, bekerja sebaik baiknya, dan jaga betul Magetan yang kita cintai. Malam ini kita tunjukkan Magetan cinta damai,” ujarnya. (pca/hjr)

#dprd jatim