Jumat, 3 Mei 2024

Kemenparekraf Terus Dukung Ponorogo Masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO 

Diunggah pada : 16 Juli 2023 12:16:12 97
Menparekraf Sandiaga Uno, Bupati Sugiri Sancoko, dan Wakil Bupati Lisdyarita berjalan menuju Panggung Utama Alun-Alun untuk menyaksikan Festival Nasional Reog Ponorogo XXVIII, Sabtu (15/7/2023) malam. Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, akan terus mendukung Ponorogo menjadi bagian Jejaring Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative City Network (UCCN). Sebelumnya, Ponorogo sempat masuk nominator satu dari dua kota yang diusulkan Kemenparekraf menjadi UCCN, nanun posisi Ponorogo tersisih.  

“Kita akan memperkuat pendampingan sehingga tahun depan dapat diajukan ke UCCN dan dapat melengkapi Reog Ponorogo yang terdaftar di listing UNESCO untuk disidangkan sebagai warisan budaya takbenda,” kata Menparekraf Sandiaga  saat berkunjung ke Ponorogo, Sabtu (15/7/2023) malam.

Menparekraf menyebut Reog memiliki dampak besar terhadap ekonomi kreatif. Selama tujuh hari pelaksanaan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) misalnya, diperkirakan 145 ribu pelaku ekonomi terlibat. “Mulai dari penata kostum, perias, penari, pemain musik hingga penjual souvenir, pedagang kaki lima, termasuk UMKM,” jelas Menparekraf Sandiaga.

Kesenian reog juga mengantarkan Ponorogo mendapat predikat Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022 dari bidang seni pertunjukan. Ponorogo tinggal naik kelas menjadi bagian UCCN. Sebab, KaTa kreatif adalah embrio dalam membentuk kota kreatif dunia yang akan mampu membawa perubahan dan peningkatan sektor ekonomi kreatif ke kancah internasional. “Saya berharap Ponorogo masuk UCCN tahun 2024 mendatang,” terang Menparekraf. 

Hasil Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PM3KI) Kemenparekraf pada 2021 mengungkap fakta, bahwa terdapat 365 paguyuban reog di Ponorogo dengan anggota masing-masing sebanyak 60 orang. Itu berarti ada serapan tenaga kerja sebanyak 24.840 orang dengan omzet tahunan senilai Rp 5,4 miliar.

Belum lagi, katanya, seni kriya yang mengikuti pertunjukan reog. Mulai kerajinan ganongan, gamelan, rengkek, rakap, caplokan, dan ekek. Ada juga batik khas Ponorogo bermotif reog. Dari sekitar 273 pelaku seni kriya itu, dalam setahun beromzet sebesar Rp 6,4 miliar. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengungkapkan bahwa Ponorogo tetap berupaya masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO. Hal itu bersamaan Reog Ponorogo yang sudah terdaftar dalam listing sidang UNESCO untuk warisan budaya takbenda (WBTb).

“Setelah KaTa kreatif, waktunya masuk jejaring kota kreatif dunia,” ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo