Sabtu, 4 Mei 2024

Kemenkumham Jatim Gelar Pendampingan RKT-RB 2023

Diunggah pada : 23 November 2023 13:27:35 32
Tim Inspektorat Jenderal yang dipimpin Auditor Madya Dwi Aribowo menggelar pendampingan pemenuhan data dukung Rancana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT-RB) Tahun 2023 di Empat Satuan Kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur

Jatim Newsroom- Tim Inspektorat Jenderal yang dipimpin Auditor Madya Dwi Aribowo menggelar pendampingan pemenuhan data dukung Rancana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT-RB) Tahun 2023 di Empat Satuan Kerja Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur

Pendampingan yang digelar mulai 21 hingga 23 November 2023 dilaksanakan di Empat Satuan Kerja, Lapas Lamongan, Rutan Bangil, Lapas Paauruan dan Lapas Surabaya. Dwi Aribowo selaku Ketua Tim didampingi Kasubag Humas RB TI Ishadi MP, selama tiga hari pendampingan Tim Itjen dan Biro Perencanaan mengecek kembali data dukung RKT-RB yang telah diunggah di Aplikasi eRB.

Secara panel Tim Verifikator didampingi oleh Pokja Satuan Kerja membedah kembali data dukung yang telah diunggah selama periode B.03-B.09, "Masih terdapat beberapa kekurangan khususnya di substansi laporan yang disajikan, Satuan Kerja belum memiliki keseragaman dalam penyajian laporan sesuai TNDE", ungkapnya,dalam rilis Kemenkumham Jatim, Kamis(23/11/2023).

Dia menambahkan kehadiran Tim Itjen dan Biro Perencanaan kali ini untuk memaksimalkan pemenuhan data dukung RKT-RB sesuai dengan pedoman yang telah ada.

Nilai indeks RB Kementerian mengalami penurunan di tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya, "Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai indeks RB ini adalah dengan memperbaiki dan memenuhi data dukung RKT-RB yang menjadi indikator peningkatan nilai indeks", tambahnya.

Harapan kami semua seluruh Satuan Kerja meraih nilai 100% dan indikator kinerja tercapai sesuai target yang dibebankan, "Jawa Timur menjadi salah satu Kantor Wilayah yang memiliki satuan kerja terbanyak meraih predikat WBK WBBM, wajib hukumnya data dukung pembangunan RB terpenuhi 100%", tuturnya.

Sementara Ishadi mengungkapkan selaku Instansi Pembina, Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim telah berupaya optimal dalam pemenuhan data dukung RKT-RB, "Secara periodik dan berkala kami mendorong Satuan Kerja baik melalui forum WAG maupun secara personal ke masing-masing Pokja", ungkapnya.

Jelang penutupan aplikasi eRB (20/11), seluruh Satuan kerja telah mencapai 100%, saat ini kami fokus utk pemenuhan data dukung di B.12, "Pendampingan kali ini menjadi ajang sharing session bagi kami dan Satuan Kerja, Pokja belajar memahami dan mendalami substansi data dukung", tutupnya. (mad/hjr)

#Kanwil Kemenkumham Jatim