Jumat, 17 Mei 2024

Kemenkominfo RI Luncurkan 'Kominfo Newsroom'

Diunggah pada : 6 Maret 2024 15:49:32 42
Wamenkominfo RI, Nezar Patria (tengah) dan Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kansong (kiri) saat sesi foto bersama usai meluncurkan 'Kominfo Newsroom', pada malam Anugerah Media Center (AMC) 2024, di Trans Convention Centre, Kota Bandung. Selasa (5/3/2024). Foto : Istiq / JNR

Jatim Newsroom - Sebagai upaya dalam memastikan akses informasi yang mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) meluncurkan 'Kominfo Newsroom', pada Selasa (5/3/2024) malam, di Trans Convention Centre, Kota Bandung. 

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Wakil Menteri Kominfo RI, Nezar Patria, didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo RI, Usman Kansong, pada malam ajang Anugerah Media Center (AMC) 2024. 

Kominfo Newsroom adalah suatu jejaring untuk meningkatkan efektifitas pemenuhan kebutuhan informasi publik terintegrasi melalui kanal-kanal media yang mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri. Jejaring ini, dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media, Ditjen IKP, memiliki tujuh kanal, yang terbagi dalam segmentasi media digital berupa portal berita, media audio visual, dan cetak.

Ketujuh kanal tersebut adalah, Portal Indonesia (Indonesia.go.id), InfoPublik, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, dan GPR News. Kominfo Newsroom, berperan dalam memproduksi dan diseminasi informasi publik dengan visi dan misi memberikan kemudahan akses informasi yang aktual, akuntabel, dan tepercaya terkait program-program pemerintah baik kementerian lembaga pusat dan daerah.

Dalam sambutannya, Wamenkominfo, RI Nezar Patria, mengatakan, dengan adanya Kominfo Newsroom dapat mempermudah pengelola komunikasi publik yang saat ini harus mampu memanfaatkan media digital dalam pengelolaan media sosial, melalui Kominfo Newsroom sebagai jaringannya.

“Hadirnya media center dan mitra Kominfo Newsroom lainnya terlebih dalam produksi dan diseminasi informasi positif tentu menjadi harapan. Peran ini jadi lebih besar lagi jika mampu melakukan penetrasi lebih jauh lagi. Bisa dikatakan kita adalah content creator terbesar,” ujar Nezar.

Dalam memproduksi informasi dan konten, Nezar menerangkan, Kominfo Newsroom menjalin mitra dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan komunitas, yang disebut juga dengan Media Center.

Sementara itu, Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kansong menyampaikan, Kominfo Newsroom pada awalnya adalah sarana pertukaran informasi pusat dan daerah dalam satu kanal pemberitaan bernama InfoPublik. 

"Kominfo Newsroom kemudian mengembangkan jangkauannya lebih luas menjalin kemitraan dengan Kementerian/Lembaga dan media center yang melekat pada pemerintah daerah di seluruh Indonesia," kata Usman. 

Menurut Usman, inti dari Kominfo Newsroom ini adalah kolaborasi dan sinergi karena dua hal ini yang diyakini menjadi kekuatan diseminasi informasi secara meluas hingga ke pelosok negeri, yang pada akhirnya masyarakat mendapatkan informasi mencerahkan, mencerdaskan, bahkan menginspirasi untuk bersama-sama membangun bangsa. 

"Kolaborasi antara pemerintah pusat dengan daerah, dan dengan sesama kementerian dan lembaga yang ada di pusat. Sinerginya harus ada medium yang mempersatukan, dan medium itu ya Kominfo Newsroom. Kita punya aplikasi juga yang bisa mempersatukan semua, kita berkomunikasi lewat aplikasi itu," tukasnya.

Melalui Kominfo Newsroom, Usman menerangkan, sudah saatnya Indonesia memiliki satu sistem yang interoperabilitasnya ada. "Dan ini kan sedang kita bangun yang namanya Satu Data, supaya bisa terbangun sebuah sistem informasi dan sistem komunikasi yang terpadu. Melalui Kominfo Newsroom ini kan, juga dapat memperluas jangkauan kalau pemerintah pusat saja, tanpa diperantarai atau dimediasi oleh newsroom media center daerah, tentu kita tidak bisa mendesiminasi informasi sampai pelosok Kabupaten/Kota," terang Usman.

Usman berharap, dengan Kominfo Newsroom ke depan akan ada timbal balik antara pemerintah baik  pemerintah pusat maupun daerah supaya desiminisasi informasi meluas hingga ke pelosok.

"Dengan adanya Kominfo Newsroom ini maka kita timbal balik, pemerintah pusat bisa mendiseminasi informasi sampai daerah. Sebaliknya juga daerah bisa menyampaikan informasi untuk diseminasi di tingkat pusat. Jadi ini simbiosis mutualisme," harapnya. (vin/s) 

#Kemenkominfo RI #AMC2024 #Kominfo Newsroom