Jumat, 20 September 2024

Kembali dari Tanah Suci, Jemaah Haji NTT Disambut Pejabat Daerah di Debarkasi Surabaya

Diunggah pada : 15 Juli 2024 22:29:02 74
Kedatangan jemaah haji NTT, di Debarkasi Surabaya. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Jatim Newsroom - Kedatangan 644 jemaah haji Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dari tanah suci disambut para pejabat daerah NTT baik dari tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Minggu (14/7/2024) malam. Turut hadir menyambut kedatangan jemaah NTT tersebut, Plt. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Melalui pers rilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya pada Senin (15/7/2024), disampaikan bahwa 644 jemaah yang tiba di tanah air tergabung dalam dua Kelompok Terbang (Kloter). Kloter 78 tiba di asrama haji pada pukul 21.50 WIB dan kloter 79 tiba pada pukul 23.30 WIB.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi NTT, Doris Alexander Rihi, mewakili Pj. Gubernur NTT menyampaikan rasa syukurnya karena para jemaah haji NTT telah berhasil menyelesaikan rangkaian ibadah haji dan kembali ke tanah air tanpa kurang satu apapun.

"Senang sekali kami dapat menjemput jemaah haji NTT di Debarkasi Surabaya. Selamat datang para jemaah. Semoga menjadi haji mabrur," tuturnya.

Kedatangan jemaah haji NTT, di Debarkasi Surabaya. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Sedangkan, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTT, Reginaldus S.S Serang mengajak para jemaah mendoakan dua jemaah kloter 79 yang telah wafat di tanah suci.“Kita doakan semoga dua jemaah haji NTT yang wafat di tanah suci mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Reginaldus menerangkan, bahwa tidak semua jemaah NTT menginap di asrama haji.“Ada sekitar 155 jemaah haji yang menginap di asrama haji. Sedangkan lainnya menginap di hotel lain di Surabaya,” pungkasnya.

Diketahui, para jemaah NTT akan terbang ke daerah asalnya dari Bandara Juanda menuju Bandara El Tari Kupang pada Selasa (16/7/2024) besok.

Total jemaah NTT yang wafat adalah 3 orang dengan rincian satu orang jemaah kloter 78 wafat di RS Haji pada masa pemberangkatan dan dua orang jemaah kloter 79 wafat di tanah suci. Selain wafat, ada satu jemaah haji kloter 79 dari Kabupaten Lembata NTT hingga kini dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. (vin/hjr)

#Haji #jemaah haji #Haji 2024 #Berita Haji 2024