Jumat, 20 September 2024

Kloter 106 Tandai Akhir Fase Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Surabaya

Diunggah pada : 24 Juli 2024 16:37:00 95
Jemaah haji kloter 106. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Jatim Newsroom - Puncak berakhirnya pemulangan jemaah haji Debarkasi Surabaya pada masa operasional haji 2024, ditandai dengan kedatangan Kelompok Terbang (Kloter) pamungkas, yakni Kloter 106. Kloter 106 yang merupakan kloter sapu jagat ini, berisikan 333 jemaah haji yang berasal dari Pamekasan, Sidoarjo, Bojonegoro, Gresik, Lamongan, Madiun, Magetan, Probolinggo, Surabaya, Jombang, dan Embarkasi Palembang.

Melalui pers rilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, pada Rabu (24/7/2024), disampaikan bahwa Kloter 106 mendarat di Bandara Internasional Juanda pada pukul 15.53 WIB dan tiba di asrama haji pada pukul 17.15 WIB.  

Hadir menyambut kedatangan kloter 106 ini, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Subhan Cholid. Ia mengucapkan selamat datang pada jemaah haji Debarkasi Surabaya. "Mudah-mudahan Bapak/Ibu menjadi haji yang mabrur dan dapat kembali ke tanah suci bersama dengan keluarga tercinta," tutur Cholid.

Pada kesempatan tersebut, Cholid pun mengapresiasi kinerja seluruh petugas haji. “Alhamdulillah, seluruh petugas melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, konsentrasi penuh, dedikasi, dan kesungguhan untuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji,” ucapnya. 

Jemaah haji kloter 106. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Hingga kedatangan kloter 106 sebanyak 10 orang masih tertinggal di Arab Saudi karena menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi. 

Jemaah yang sakit di Arab Saudi seluruhnya ditanggung oleh pemerintah dan terus dimonitoring kesehatannya oleh petugas dari Kantor Urusan Haji (KUH) dan Konsulat Jenderal Indonesia yang ada di Jeddah. Perkembangan kesehatan juga akan dilaporkan secara periodik kepada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Selama masa operasional haji ini, ada 89 jemaah haji dari Embarkasi Surabaya yang telah wafat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 81 jemaah haji wafat di Arab Saudi sedangkan sisanya, 8 jemaah wafat di Tanah Air dengan rincian 2 orang wafat di RS Haji Surabaya pada masa pemberangkatan dan 6 orang wafat pada masa pemulangan. (vin/s)

#Haji #jemaah haji #Haji 2024 #Berita Haji 2024 #PPIH Debarkasi Surabaya