Minggu, 5 Mei 2024

Kadiskominfo Jatim Harapkan Acara Perkumpulan Developer Terus Dilakukan

Diunggah pada : 18 November 2023 19:23:25 80
Kadiskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin saat memberikan sambutannya di acara DevFest Cloud Surabaya 2023, di Ruang Auditorium, iSTTS, Kota Surabaya, Sabtu (18/11/2023). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, berharap acara perkumpulan developer terus dilakukan di Provinsi Jawa Timur. Pernyataan tersebut disampaikannya, saat berkesempatan menghadiri acara DevFest Cloud Surabaya 2023, di Ruang Auditorium Institut Sains dan Teknologi Terpadu (iSTTS) Kota Surabaya, Sabtu (18/11/2023). 

"Provinsi Jawa Timur ini paling siap dalam membangun ekosistem teknologi digital, karenanya tidak salah kegiatan seperti ini diadakan di Jawa Timur. Kehadiran Google Cloud dengan acara DevFest Cloud di iSTTS Surabaya ini adalah kesempatan luar biasa, maka diharapkan akan terus diadakan di Jawa Timur karena memunculkan banyak peluang digital dan mendorong fase baru pertumbuhan maupun perkembangan Jawa Timur" jelas Sherlita dalam sambutanya. 

Lebih lanjut, Sherlita menerangkan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah banyak menjalin kerja sama maupun sinergi dengan banyak universitas ternama luar negeri dalam hal mengembangkan teknologi. 

“Seperti dengan Universitas King College,  kata Ibu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Provinsi Jawa Timur menjalin kerja sama, ini nanti di tahun 2024 akan membuka kesempatan, dengan akan mendirikan sekolah cabangnya mereka King College Inggris untuk digital ekonomi di Jawa Timur,” terangnya. 

“Yang kedua, Ibu Gubernur juga mendatangi launching Western Sydney University yang mendirikan sekolahnya juga di Ciputra. Kalau yang Western Sydney University ini untuk S1, ada lima di antaranya terkait dengan teknologi digital. Nanti di 2024 kesempatan kita semakin besar,” sambung Sherlita. 

Oleh karena itu, dikatakan Sherlita, Provinsi Jawa Timur ini paling siap dalam membangun ekosistem teknologi digital, sehingga kepada seluruh peserta kegiatan, Sherlita mengimbau agar mengikut kegiatan dengan sebaik-baiknya. “Karena ini kesempatan yang luar biasa, maka tolong diikuti dengan baik sebab akan bermanfaat dan menambah kompetensi kita,” imbaunya. 

Menurut Sherlita, berbagai layanan digital dalam membantu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) itu berkolerasi erat dengan insiatif Google Cloud Developers untuk memperkuat infrastruktur digital di tingkat lokal dan memperkuat kemitraan multistakeholder. 

“Kita semua berharap juga kehadiran Google Cloud dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan analisis data cloud. Selain diharapkan banyak memunculkan peluang digital, kehadiran Google Cloud juga diharapkan menumbuhkan industri manufaktur di Jawa Timur. Karena diketahui, pada tahun 2022 industri manufaktur Jawa Timur tercatat sudah tumbuh di angka 31,34%. Dan ditargetkan pada 2024 tumbuh sebesar 35%, jauh di atas target nasional sebesar 30% di tahun 2045,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, acara DevFest Cloud Surabaya 2023 tersebut diinisiasi oleh komunitas Google Developer Group (GDG) Cloud Surabaya dan iSTTS Surabaya, dengan tujuan untuk belajar dan saling membangun koneksi bersama tentang teknologi baru sekaligus untuk menginspirasi masyarakat luas. Sehingga, dengan adanya acara ini diharapkan muncul calon speaker  baru berikutnya yang bisa membantu banyak orang dalam mempelajari sebuah teknologi. 

Selain Kadiskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, turut hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elsetianto dardak, dan Wakil Rektor III iSTTS Surabaya, Ferdinandus, serta Community Manager Indonesia dan Brunei Developer Relations Google, Danang Juffry. (vin/ ) 

#Google Developer Group (GDG) #Kepala Dinas Kominfo Jatim #sherlita #Kadiskominfo Jatim #developer #iSTTS