Minggu, 23 Juni 2024

Kadis Kominfo Jatim Tutup Pelatihan Level I SOC Analyst Tahun 2024

Diunggah pada : 17 Mei 2024 20:43:14 41
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita (tengah) saat sesi foto bersama seluruh peserta usai menutup kegiatan Pelatihan Level I Security Operations Center (SOC) Analyst Tahun 2024, pada Jumat (17/5/2024) di Ruang Kelas E, kantor BPSDM Jatim, Surabaya. Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin menutup kegiatan Pelatihan Level I Security Operations Center (SOC) Analyst Tahun 2024, pada Jumat (17/5/2024) di Ruang Kelas E, kantor BPSDM Jatim, Surabaya. 

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Jatim Sherlita menyampaikan, pelatihan ini merupakan wujud upaya Pemprov Jatim yang rajin terus menambah kompetensi SDM khususnya di bidang cyber security. “Keamanan informasi tidak hanya di sektor tata kelolanya tapi SDM-nya juga. SDM memang harus ditingkatkan terus tidak hanya di Jawa Timur tapi juga di Indonesia,” tutur Sherlita. 

Menurut Sherlita, menjaga keamanan informasi dari gangguan siber itu tidak hanya menjadi tugas Kominfo Jatim saja. Melainkan juga menjadi tanggung jawab semua perangkat daerah, termasuk tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur. “Pemprov Jatim tidak bisa sendirian dalam mengatasi dan menjaga ruang siber, ini adalah tugas kita bersama dengan teman-teman kabupaten/kota,” terangnya. 

“Oleh karenanya, ayo kita sama-sama dengan Polda, dan BIN juga berkolaborasi bersama menjaga ruang siber,” sambungnya. 

Sherlita menuturkan, dengan ditutupnya pelatihan ini pihaknya berharap ke depan semoga dapat bersama menjadi bagian dari solusi pengamanan gangguan siber di Pemprov Jatim maupun kabupaten/kota di Jawa Timur. 

“Saya berharap kita bisa semakin meningkatkan kolaborasi dan menjadi bagian dari solusi penanganan gangguan keamanan siber di Pemprov Jatim maupun kabupaten/kota di Jawa Timur,” ujarnya.  

Tak lupa, Sherlita pun mengucapkan terima kasih kepada Pusat Pengembangan (Pusbang) SDM Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) dan BPSDM Jatim atas dukungan dan kerja samanya sehingga pelatihan dapat berjalan dengan lancar. 

“Sekali lagi terima kasih ke tim BSSN RI Jangan bosan main ke Jawa Timur, tarik semua kegiatannya ke Jawa Timur pak, kami siap ya. Terus terima kasih juga Kepada BPSDM Jatim yang telah memfasilitasi terselenggaranya pelatihan ini agar berjalan dengan baik,” pungkasnya. 

Diketahui, pelatihan Level I SOC Analyst Tahun 2024 ini merupakan kegiatan untuk mewujudkan program BSSN yakni born to defense untuk SDM Pengelola Keamanan Siber Sektor Infrastruktur Informasi Vital. Dinas Kominfo Jatim menggandeng BSSN RI, dan BPSDM Jatim untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan selama lima hari dari Senin hingga Jumat (12-17/5/2024). Peserta kegiatan berjumlah 50 orang yang berasal dari ASN, perangkat daerah di lingkup Pemprov Jatim, kabupaten/kota di Jatim dan kepolisian.

Pada kesempatan itu pula, Kadis Kominfo Jatim Sherlita menyerahkan penghargaan berupa  plakat dan sertifikat kepada tiga peserta terbaik. Ketiga peserta tersebut yakni, Tri Setyoko asal Dinas Kominfo Kota Madiun peraih peserta terbaik pertama, Raga Yustia asal Kabupaten Tuban peraih peserta terbaik kedua, dan Wicaksono Bayu Aji asal Kabupaten Madiun peraih peserta terbaik ketiga. (vin/s)

#Kadis Kominfo Jatim #Dinas Kominfo Jatim #SOC #Security Operations Center