Kamis, 18 Juli 2024

Kadindik Ponorogo : Transisi PAUD ke SD Harus Menyenangkan

Diunggah pada : 21 Juli 2023 9:13:18 37
Salah seorang guru ketika memberi arahan kepada peserta didik baru di dalam kelas, Kamis (20/7/2023). Foto : Insanul Fadhil

Jatim Newsroom - Siswa baru memerlukan adaptasi ketika naik jenjang pendidikan. Kegiatan pertama masuk SD, SMP, dan SMA sederajat itu disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Tujuannya untuk perkenalan program, sarana dan prasarana di sekolah, cara belajar, juga penanaman konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal kultur sekolah. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Nurhadi Hanuri menerangkan bahwa transisi dari jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) ke  SD yang membutuhkan perhatian khusus. Selama di taman kanak-kanak (TK), peserta didik bermain dan belajar dalam suasana yang menyenangkan. ‘’Usia PAUD ini implementasinya masih bermain sambil belajar sehingga peserta didik lebih dapat menikmati serta mudah memahami pembelajaran dari gurunya,” kata Nurhadi, Kamis (20/7/2023).

Peluncuran program Merdeka Belajar Episode 24 pada awal 2023 lalu mengangkat tema transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Bahkan, proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SD tidak mengenal tes baca, tulis, dan hitung (calistung). Selain itu,  masa perkenalan bagi peserta didik baru berlangsung selama dua minggu. ‘’Menyenangkan bisa diwujudkan dengan suasana atau kondisi lingkungan sekolah dan cara pembelajaran yang sama saat di PAUD atau TK,’’ jelas Nurhadi. 

Dia berharap MPLS yang menyenangkan akan membuat siswa lebih semangat dan serius belajar. Tidak ada lagi bullying oleh teman-temannya sehingga membuat anak-anak tidak nyaman. Dengan begitu, tercipta pembelajaran yang efektif dan inovatif. MPLS selama dua minggu sudah cukup bagi peserta didik  menyesuaikan diri dengan teman baru, guru baru, dan lingkungan belajar yang baru. ‘’Mereka akan terbiasa dan mudah dalam mengikuti proses belajar mengajar," ungkap Nurhadi.

Sementara itu, Kepala  SDN 1 Bangunsari Boyadi mengatakan MPLS di sekolahnya sudah berjalan sejak Senin (17/7) lalu. Sesuai instruksi dari dinas pendidikan, MPLS akan berlangsung  selama dua minggu. ‘’Jadwal sudah tersedia, hari ini siswa mendapat materi tata tertib,’’ ujar Boyadi. (why/hjr)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo