Minggu, 5 Mei 2024

Kabupaten Mojokerto Gelar Unduh-Unduh Patirtan Jolotundo 2023

Diunggah pada : 25 Juli 2023 10:35:03 34
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Sebagai wujud dalam melestarikan budaya dan bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menggelar kegiatan Unduh-unduh Patirtan Jolotundo 2023. 

Kegiatan yang diadakan di situs Patirtan Jolotundo, Kabupaten Mojokerto ini, turut pula diikuti Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Dimulai prosesi para sesepuh setempat saat mengambil air dari situs Patirtan Jolotundo, selanjutnya air yang sudah diambil dibawa menuju lapangan Seloliman untuk prosesi manunggaling patirtan. 

Pada momen itu, Bupati Ikfina berkesempatan menyampaikan sedikit ulasan terkait situs Patirtan Jolotundo. "Kabupaten Mojokerto bersyukur mempunyai peninggalan sejarah. Tidak hanya dari masa kerajaan Majapahit, tapi juga dari masa kerajaan Kahuripan. Patirtan Jolotundo ini merupakan peninggalan kerajaan Kahuripan di masa Raja Airlangga," tutur Bupati Ikfina melalui siaran persnya, Selasa (25/7/2023). 

Bupati Ikfina menjelaskan, situs Patirtan Jolotundo ini sangat istimewa, karena kualitas air di situs Patirtan Jolotundo  itu tinggi. Maka dari itu, Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk terus melestarikan budaya yang bersejarah ini. 

"Unduh-unduh Patirtan Jolotundo ini salah satu bentuk uri-uri budaya atau melestarikan budaya. Uri-uri budaya ini menjadi salah satu tugas kita semua sebagai anak cucu leluhur terdahulu kita, sehingga budaya yang ditinggalkan tidak akan pernah terkikis," tukasnya. 

Dengan kegiatan ini, Bupati Ikfina berharap, semoga bisa menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada negara dan masyarakat serta bentuk penghormatan kepada para leluhur. (vin/s) 

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #budaya #Pemkab Mojokerto