Senin, 6 Mei 2024

Kabupaten Mojokerto Bimtek Arsitektur SPBE 2024-2028

Diunggah pada : 23 November 2023 17:05:09 30
Bupati Mojokerto membuka sosialisasi dan bimbingan teknis arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024-2028, di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024-2028. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan peningkatan pelayanan masyarakat berbasis digital. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Kamis (23/11/2023), pelaksanaan sosialisasi dan bimtek yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mojokerto ini berlangsung di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari tanggal 22-24 November 2023 dan diikuti oleh seluruh kepala dan sekretaris perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengatakan, selain untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, pada pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk komitmen kepala perangkat daerah dalam pelaksanaan SPBE Kabupaten Mojokerto, membentuk kerangka kerja SPBE Kabupaten Mojokerto, serta menyusun rencana strategis SPBE Kabupaten Mojokerto.

Lebih lanjut Bupati Ikfina mengatakan, kegiatan sosialisasi dan bimtek arsitektur SPBE Kabupaten Mojokerto tahun 2024-2028 memang melibatkan seluruh perangkat daerah. Karena Ia menilai, kegiatan ini bagian dari proses terhadap internal pemerintah maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk digital.

"Arsitektur ini bagian yang sangat penting, sehingga sosialisasi ini adalah supaya semuanya tahu dan paham, bagaimana bentuk arsitektur yang sudah kita susun itu merupakan masukan dari masing-masing perangkat daerah. Kemudian dipahami dan berikutnya akan dilanjutkan dengan roadmapnya," jelasnya.

Bupati Ikfina juga menegaskan, penyusunan arsitektur SPBE ini berkelanjutan serta menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan masyarakat dan kesiapan sarana prasarana pemerintah.

"Jadi nanti 2024 targetnya apa, tahun 2025 targetnya seperti apa, sehingga nanti endingnya tahun 2028 seperti apa. Jadi ini sifatnya berkelanjutan dan berkembang terus, karena pelayanan kita kepada masyarakat juga sesuai dengan kondisi di lapangan dan sesuai juga dengan proses bisnis yang harus kita laksanakan antara pemerintah pusat denga pemerintah daerah tingkat 2 dan pemerintah provinsi dengan tingkat 2," pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto juga memberikan penghargaan terhadap perangkat daerah yang telah melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Penghargaan itu dibagi kedalam empat kategori, diantaranya pengelolaan perjalanan dinas terbaik, tanda tangan elektronik terbanyak, pelaporan satu data palapa terlengkap, dan website teraktif. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #Arsitektur SPBE #Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik