Minggu, 19 Mei 2024

Jembatan Plaosan Lamongan Alami Penurunan, BBPJN VIII Imbau Pengendara Berhati – Hati

Diunggah pada : 4 November 2022 16:48:03 62
Jembatan Plaosan Babat Lamongan yang mengalami penurunan. (BBPJN VIII)

Jatim Newsroom - Para pengendara yang hendak melewati ruas jalan Widang – Batas Kota Lamongan, diharapkan untuk berhari-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang terpasang. Pasalnya, Jembatan Plaosan yang terletak di Babat, Lamongan mengalami penurunan permukaan. Hal ini disampaikan Ahsan Asjhari, S.Sos., MT. Subkoordinator Hukum dan Kompu, BBPJN VIII Jawa Timur – Bali dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/11/2022)

Dikatakannya, Penurunan permukaan yang dialami Jembatan Plaosan ini terjadi pada hari Kamis dini hari (03 November 2022) pukul 23.50 WIB. Penurunan terjadi setelah sebuah truk besar dengan muatan berlebih melewati tanjakan oprit jembatan dengan dengan kecepatan sangat rendah.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dari hasil inspeksi tim PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur diketahui adanya kerusakan pada segmen tengah bagian plat sembatan sepanjang 7,14 meter pada sisi bagian tengah jalan. Diduga, kerusakan terjadi akibat adanya girder yang terlepas dari tumpuan sehingga plat lantai jembatan mengalami kerusakan,”katanya.

Untuk sementara waktu pada bagian jembatan yang rusak tersebut ditutup menggunakan plat besi, dan diberlakukan buka tutup secara bergantian untuk kendaraan yang melintas dari arah Surabaya.   Seperti diketahui, secara teknis Jembatan Plaosan memiliki panjang 11 meter dengan lebar 23 meter. Adapun konstruksi jembatan yang terletak di ruas jalan Widang/Belahan – Batas Kota Lamongan Km KM. Sby ini bertipe Girder Cor Setempat. (Pca/hjr)

 

 

#BBPJN