Jumat, 20 September 2024

Jemaah Haji Asal Gresik Tunda Keberangkatan Karena Sakit

Diunggah pada : 4 Juni 2024 15:37:29 79
Pemberangkatan jemaah haji kloter 82 dari AHES. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Jatim Newsroom – Seorang Jemaah haji berinisial ADD (69 tahun) asal Kabupaten Gresik yang sudah siap berangkat ke Bandara Internasional Juanda dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), pada Senin (3/6/2024) siang, tertunda keberangkatannya karena sakit. ADD ini diketahui tergabung menjadi jemaah haji dalam Kelompok Terbang (Kloter) 82. 

Berdasarkan pers rilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, pada Selasa (4/6/2024) dijelaskan bahwa, saat Jemaah haji kloter 82 sudah siap dilepas untuk berangkat ke Bandara Juanda, ADD (69) tiba-tiba menggigil ketika sudah berada di dalam bus. Setelah diperiksa tim kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya, ADD dinyatakan tidak layak terbang sehingga  keberangkatan ADD ditunda. 

Kini, diketahui ADD telah mendapatkan perawatan di RSUD Haji dan akan diterbangkan ke tanah suci jika kondisinya telah sehat. Sementara itu, istri ADD tetap melanjutkan keberangkatan  bersama kloter 82 dan telah terbang ke tanah suci pada pukul 17.50 WIB Senin (3/6/2024) kemarin. 

Wakil Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Ahmad Allauddin menerangkan, ADD pun mengikuti rangkaian proses pemberangkatan kloter 82. “Awalnya ADD tidak menunjukkan gejala. Beliau telah mengikuti proses pemberangkatan mulai pengecekan paspor hingga pengecekan barang bawaan melalui x-ray,” tuturnya.

Dengan tertundanya keberangkatan ADD, kloter 82 yang semestinya diisi 371 orang, menjadi berkurang 1 dengan jumlah 370 orang Jemaah. Allauddin juga menjelaskan, pada Senin (3/6/2024) seluruh petugas di Madinah telah bergeser ke Mekkah untuk fokus membantu melayani jemaah haji Indonesia yang sudah berada di Mekkah. (vin/hjr) 

#Haji #berita haji #AHES #Berita Haji 2024