Jumat, 3 Mei 2024

Jawa Timur Istimewa: Provinsi Tertua dengan Kekuatan Demografi dan Ekonomi

Diunggah pada : 12 Oktober 2023 20:43:22 188
Bupati Ponorogo Sugiri sancoko membacakan sambutan gubernur jawa timur saat upacara peringatan hari jadi ke-78 provinsi jawa timur di halaman Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo

Jatim Newsroom - Usia Jawa Timur (Jatim) seumur Republik Indonesia. Sebab, Jatim adalah satu dari delapan provinsi yang pertama kali dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ditetapkan 12 Oktober 1945 bersamaan Gubernur RMT Soerjo bertugas kali pertama di Surabaya. Secara demografis, Jatim memiliki penduduk kedua terbesar di Indonesia setelah Jawa Barat. Sedangkan dari kekuatan ekonomi, Jawa Timur hanya kalah dari DKI Jakarta. 

Di Ponorogo, Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur diperingati dengan upacara di halaman Pendopo Agung Kabupaten, Kamis (12/10/2023). Bupati Sugiri Sancoko selaku inspektur upacara menyebut sederet keistimewaan Jatim ketika membacakan sambutan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

‘’Martabat warga Jawa Timur meningkat karena angka kemiskinan yang turun,’’ kata Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko. 

Angka kemiskinan ekstrem di Jatim turun signifikan dari 4,4 persen pada 2020 menjadi 2,23 persen (2021), dan tinggal 1,56 persen pada tahun 2022. Ketimpangan sosial yang tergambar dari gini ratio sebagai salah satu alat ukur tingkat kesenjangan pembagian pendapatan relatif antar penduduk juga menurun. ‘

’Jawa Timur juga membuktikan sebagai provinsi dengan gudangnya desa mandiri,’’ terangnya. 

Dari pemutakhiran indeks desa membangun (IDM) 2023, Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan desa mandiri terbanyak se-lndonesia. Jumlah  desa mandiri di Jatim tercatat 2.800, desa maju (3.6740), dan 1.247 desa dengan status berkembang. ‘’Dari total 11.456 desa mandiri di Indonesia, 24,44 persen atau 2.800 di antaranya berada di Jatim,’’ ungkapnya. 

Namun, Jawa Timur dan juga Indonesia menghadapi  berbagai tantangan berupa krisis kebutuhan energi yang sehat, mengejar kedaulatan pangan, kebutuhan pendanaan yang besar pada masa transisi, tantangan digital, serta dorongan masif dalam riset dan teknologi. Jatim memiliki motto Jer Basuki Mawa Beya yang bermakna setiap keberhasilan, kebahagiaan, dan kesuksesan hidup berawal dari pengorbanan, kerja keras, serta upaya yang diperjuangkan.  ‘’Man jadda wajada, segala ikhtiar yang sungguh sungguh akan akan mendapatkan hasil terbaik. Jawa Timur Bangkit dan Terus Melaju,’’ pungkasnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo