Senin, 6 Mei 2024

Jalankan Program 'Bulik Soima', Bupati Mojokerto Beri Edukasi Pengelolaan Keuangan

Diunggah pada : 27 Juli 2023 9:08:42 29
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto memiliki program ‘Bulik Soima’ yang terus digulirkan. Kali ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan kepada masyarakat Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di Desa Sugeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/7/2023). 

Kegiatan Bulik Soima yang diinisiasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto ini dikemas dalam kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) PKH Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini diikuti puluhan KPM PKH Desa setempat.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto pada (27/7/2023) mengatakan, pemerintah memfasilitasi penerima manfaat PKH Kementerian Sosial dengan pelatihan pengelolaan keuangan keluarga. Dengan fasilitasi itu, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan secara mandiri. Selain itu, Bupati Ikfina juga mengajak para KPM agar dapat mengelola keuangan dengan bijak.

"Lebih besarnya pengeluaran dibandingkan pendapatan menjadi masalah keuangan secara umum, untuk itu perlunya ilmu mengenai cara pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak agar minimal pendapatan dapat seimbang dengan pengeluaran," jelasnya.

Dengan edukasi ini, Bupati Ikfina berharap pengelolaan keuangan bisa dipahami oleh KPM, sehingga ke depannya KPM dapat lebih mandiri secara finansial.

"Harapannya KPM terhindar dari suatu permasalahan terutama masalah keuangan. Maka ini perlu mempraktikkan keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap rumah tangga yaitu lebih terampil dalam mengatur prioritas penggunaan uang," harap Bupati Ikfina.

Sulitnya membedakan porsi kebutuhan dan keinginan dalam mengatur keuangan, Bupati Ikfina menerangkan, hal tersebut dapat membuat pengeluaran yang tidak dapat dikendalikan. Sehingga berdampak pada kebutuhan keluarga yang tidak dapat terpenuhi.

"KPM harus mampu mengelola keuangannya, salah satunya dengan mengidentifikasi secara rinci sumber pendapatan dan pengeluaran keluarga serta mencatatnya secara rutin," pungkasnya. (vin/s) 

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Pemkab Mojokerto