Jumat, 3 Mei 2024

Implementasikan SPBE, Cek Daftar Pemilih Tetap Warga Ponorogo Tinggal Klik

Diunggah pada : 10 November 2023 6:38:42 132
Seorang calon pemilih mengecek namanya di daftar pemilih tetap (DPT) secara online di laman milik KPU. Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU RI) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Komisi Pemilihan Umum telah diimplementasikan oleh KPU Kabupaten Ponorogo. Hal ini salah satunya dengan menerapkan pemutakhiran data daftar pemilih pemula (DPT) di website KPU Ponorogo.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Ponorogo, R Gaguk Ika Prayitna, Jumat (9/10/2023) mengatakan, penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) di zaman modern sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Mulai proses verifikasi partai politik (parpol) yang merupakan tahapan awal pemilu sudah berbasis elektronik. Pengurus parpol cukup mendaftar via online sebelum menjalani verifikasi.

Dijelaskannya, KPU ingin meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik di bidang pemilihan umum kepada masyarakat luas. KPU secara internal mulai tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota sengaja menerapkan manajemen penyelenggaraan SPBE secara terintegrasi, terpadu, efektif, dan efisien.

"Pengurus parpol di daerah cukup meng-upload persyaratan sebagai peserta pemilu dan daftar caleg yang aksesnya sampai KPU pusat,’’ terang Gaguk.

Sama halnya dengan warga negara yang sudah memiliki hak pilih dapat mengecek namanya sudah masuk DPT atau belum via online.

"Hampir semua yang terlibat dalam pemilu mulai peserta sampai pemilik hak suara dapat memanfaatkan layanan berbasis elektronik," imbuhnya. 

Gaguk meminta masyarakat yang sudah memiliki hak pilih namun belum masuk DPT segera melapor kepada panitia pemungutan suara (PPS) yang ada di setiap desa dan kelurahan. Dari pemutakhiran data, KPU mencatat pemilih di Ponorogo  berjumlah 758.688 orang terdiri 376.754 laki-laki dan 381.934 perempuan.  Mereka tersebar di 21 kecamatan, 307 desa/kelurahan dan 2.893 tempat pemungutan suara (TPS). "Itu data keseluruhan DPT terbaru kami," terangnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo