Jumat, 20 September 2024

Ikatan Pelukis Indonesia Gelar Pameran Seni Lukis di Alun-Alun Kota Surabaya

Diunggah pada : 4 Agustus 2024 20:10:26 271
Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) gelar Pameran Seni Lukis bertajuk 'City of Heroes' di Basement Alun-Alun Kota Surabaya, 3-31 Agustus 2024. Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Untuk memperingati hari jadinya yang ketujuh tahun, Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) menggelar Pameran Karya Seni Lukis, di Basement Alun-Alun Kota Surabaya, selama satu bulan mulai 3 hingga 31 Agustus 2024. Pameran yang bertajuk, 'City of Heroes' ini dibuka secara langsung oleh Ketua IPI Supa'at Margi pada Sabtu (3/8/2024). 

Dalam keterangannya yang dikonfirmasi pada Minggu (4/8/2024), Supa'at menjelaskan, pameran ini sifatnya nasional dan yang merupakan pameran akbar ke-8. "Pameran ini ada sejak tahun 2018 sampai sekarang. Dan IPI itu sendiri, sebenarnya masih sangat muda dari tahun 2018 sampai 2024 ini," jelas Supa'at. 

Lebih lanjut, Supa'at menyebutkan, saat ini ada sekitar 200 pelukis yang tergabung di IPI. Selain karya seni lukis, yang dipamerkan dalam pagelaran ini juga ada karya seni lainnya hasil kreasi para seniman IPI yang juga bisa dibeli secara langsung oleh pengunjung pameran. "Kondisi para seniman saat ini di Kota Surabaya khususnya boleh dibilang sentralnya atau pusatnya para pelukis. Jadi Surabaya itu tempat perkumpulan pelukis terbesar di Indonesia. Untuk perkembangannya mungkin di Kota Surabaya juga terbesar," sebutnya.

Melalui pameran seni lukis ini, Supa'at berharap semoga ke depan para pelukis bisa meningkatkan kualitas lukisannya. Selain itu masyarakat semoga semakin mencintai seni lukis, sehingga banyak masyarakat yang mengoleksi lukisan buatan para pelukis lokal. "Kepada pemerintah saya juga berharap supaya lebih mendukung kegiatan kita para pelukis di Indonesia terutama dari segi finansial. Supaya melestarikan kreasi seni buatan para seniman lokal dan menghidupkan kesenian di Indonesia," harap Supa'at. 

Para pengunjung Pameran Seni Lukis bertajuk 'City of Heroes' yang digelar IPI di Basement Alun-Alun Kota Surabaya. Foto : Vivin

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara pameran yang sekaligus sebagai Humas IPI Roman Chuza menyampaikan, pameran ini untuk merayakan hari jadi IPI ketujuh tahun dan  untuk menjalin silaturahmi kebersamaan pelukis-pelukis IPI. "Selain pameran pada pameran ini kita juga meresmikan hadirnya Kartu Tanda Anggota atau KTA IPI untuk diperluaskan sebagai tanda bagi anggota-anggota tetap. Karena dengan KTA ini diharapkan Insya Allah kita kedepannya IPI akan lebih tertata administrasinya," ujar Roman yang juga seorang pelukis ini.

Roman mengungkapkan, lPI ini juga ada di daerah-daerah lain di Indonesia seperti di Sumatera, Sulawesi, Irian, dan Kalimantan, namun tetap berpusat di Surabaya. "Untuk yang mengikuti pameran kali ini di Surabaya totalnya ada 168 pelukis. Masing-masing pelukis ada yang bawa 3 karya," ungkapnya. 

Dalam pembukaan pameran, Roman juga mengatakan, pihaknya mengundang grup musik Jawa Jawi untuk mengihibur pengunjung. "Saya terima kasih juga kepada rekan-rekan media atas kedatangan dan kehadirannya, meliput acara ini. Semoga dengan adanya pameran ini, IPI ke depannya lebih baik, lebih berkembang lagi," pungkasnya. (vin/hjr)

#kota Surabaya #Ikatan Pelukis Indonesia #IPI #Pelukis