Selasa, 7 Mei 2024

Hindari Penyakit Zoonosis. Masyarakat Harus Patuhi Regulasi Transportasi Ternak

Diunggah pada : 21 April 2022 9:29:17 55
Pengangkutan ternak sapi melalui kapal ( foto: Kementerian Pertanian)

Jatim Newsroom-Agar tidak terjadi penyebaran penyakit ternak dan penyakit zoonosis melalui jalur lalu lintas ternak itu dan memstikan hewan ternak aman dalam perjalanan, masyarakat diminta mematuhi regulasi transpotasi ternas yang sudah diatur oleh dinas perternakan setempat.

Pakar Ruminansia (Hewan atau mamalia pemakan tumbuhan) Unair, Ragil Angga Prastiya mengatakan regulasi pemasukan, pengeluaran ternak, dan hewan peliharaan, sebetulnya sudah diatur di setiap dinas peternakan setempat. Regulasi tersebut penting kaitanya dengan transportasi hewan ternak maupun hewan peliharaan yang aman dan sesuai SOP.

“Untuk itu baik penyedia dan pemesan ternak sebaiknya melalui jalur yang sudah diatur oleh dinas peternakan setempat agar bisa menjaga kesejahteraan hewan dan one health,” ungkapnya, Kamis (21/4/2022).

Perihal regulasi dan SOP, Ragil berpendapat bahwa sebetulnya regulasi dan SOP mengenai transportasi ternak dan hewan peliharaan sudah jelas di setiap dinas dan balai karantina. Terkait masalah ini, menurut Ragil perlu sering dilakukan sosialisasi kepada penyedia ternak atau pemilik hewan yang akan mengirim hewannya ke tempat lain untuk mengikuti aturan yang ada.

“Selain itu bisa mencontoh sistem yang cukup bagus di pemerintah Kabupaten Banyuwangi, dengan menerapkan sistem satu pintu pelayanan perizinan transportasi ternak dan hewan peliharaan. Agar pihak penyedia ternak yang akan mengurus dokumen dan syarat pengiriman ternak lebih mudah, efektif dan efisien,” sarannya.

Menanggapi kasus matinya puluhan sapi di perairan Sampang tersebut, sebagai dokter hewan Ragil sangat prihatin karena kasus yang terus berulang. Meskipun sapi merupakan komoditas yang menghasilkan keuntungan finansial, akan tetapi terkadang manusia lupa bahwa hewan ternak merupakan makhluk hidup yang tetap harus dijaga kesejahteraan.

“Saya sangat berharap pemerintah, stakeholder, dan aktivis hewan ternak bisa mengedukasi masyarakat secara meluas akan pentingnya memperhatikan transportasi ternak, karena apabila kita bisa memperhatikan hal tersebut maka kesejahteraan hewan bisa terjaga,” pesannya. (mad/hjr)

 

#ternak #sapi #sampang