Minggu, 19 Mei 2024

Hari Anak Nasional 2023, Wagub Emil Ajak Putrinya Sapa Warga Jatim

Diunggah pada : 23 Juli 2023 9:23:30 101
Hari Anak Nasional 2023, Wagub Emil Ajak Putrinya Sapa Warga di tugu pahlawan Surabaya. Foto Ghufron

Jatim Newsroom - Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan istrinya Arumi Bachsin yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Jatim mengajak putrinya Lakesia, Minggu  (23/7/2023) pagi menyapa warga di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya. 

Dalam kegiatan yang ditayangkan secara live oleh televisi nasional Kompas TV dalam program Sapa Warga, Wagub Emil juga mengajak putrinya menikmati beragam kuliner yang dijajakan oleh PKL disekitaran kompleks Tugu Pahlawan.

Wagub Emil mengatakan, beragam program telah dilakukan oleh Pemprov Jatim untuk mewujudkan Kota Ramah Anak di kabupaten dan kota, dan pendampingan psikologi pada anak termasuk bagi orang tuannya.

Upaya tersebut juga sebagai upaya untuk meliterasi agar saat usia anak-anak, mereka dapatkan sesuai dengan haknya. Jangan sampai saat usia anak-anak, mereka harus menghadapi permasalahan yang tidak sesuai dengan usianya. "Misalnya mereka harus menghadapi pernikahan dini," terangnya.

Emil juga meminta kepada orang tua dimana pun berada, agar mereka senantiasa mengenalkan anak-anaknya dengan beragam aktivitas budaya termasuk kearifan lokal disekitar lingkungan nya. 

Harapannya, agar anak kita mendapatkan keberimbangan dengan perkembangan di dunia luar. Sehingga mereka tidak sampai mengalami ketergantungan dengan beragam permainan di smartphone yang berdampak hilangnya keceriaannya.

Senada dengan Emil Elestianto Dardak, Arumi Bachsin mengatakan, diantara program pendampingan bagi anak, salah satunya yakni Posyandu di Jatim, kini telah dilengkapi kegiatan binaan keluarga dan remaja, binaan lansia.

Pemprov juga menginisiasi program Sekolah Lansia Tangguh. Sekolah Orang Tua Hebat. Dalam program tersebut, keterlibatan orang tua dimaksimalkan, agar mereka memiliki pemahaman cara mendidik anak yang baik dan menyesuaikan dengan psikologi anak. 

"Kami juga menekankan pentingnya sosialisasi bagi anak dan pengecekan psikologisnya. Agar usai anak benar-benar bisa dinikmati dengan hak-nya," katanya. 

Pada kesempatan itu, Lakesia juga sempat menyampaikan keinginannya yang bercita-cita sebagai dokter kecantikan. Mendengar keinginan anaknya, Wagub Emil dan Istrinya spontan langsung mengamininya. (jal/hjr)

 

#wagub jatim