Jumat, 26 April 2024

Gubernur Khofifah Lepas Kontingen Pramuka Jatim ke Jamnas XI, Ingatkan Semangat Merah Putih

Diunggah pada : 4 Agustus 2022 10:15:31 667
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Jatim Newsroom- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepas anggota pramuka yang tergabung dalam Kontingen Jawa Timur untuk berangkat mengikuti Jambore Nasional XI, yang diikuti 702 orang anggota pramuka,di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (3/8/2022).

Kontingen Pramuka Jawa Timur rencananya Jambore Nasional XI yang akan diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur pada 12-21 Agustus 2022 itu merupakan perkemahan persahabatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengajak anggota pramuka Jawa Timur agar hati, pikiran dan langkah seiiring dengan semangat semangat Merah Putih.” Terlebih kita berada pada bulan Agustus, yakni bulan kemerdekaan," ujar Khofifah.

Menurutnya, seluruh peserta kontingen Jatim di Jambore Nasional harus menjaga keguyubrukunan dan juga gotong royong. Serta harus kuat memegang teguh semangat nasionalisme

Khofifah menyebutkan, sebagai perwakilan Jatim di ranah nasional, setiap orang wajib mendedikasikan diri untuk membawa misi kemanusiaan, persaudaraan dan perdamaian. Apalagi saat bertemu dengan saudara dari 34 provinsi lain dan perwakilan negara-negara G20.

"Bawalah pesan bahwa di Bumi Mojopahit ini, diperkenalkan Bhinneka Tunggal Ika. Bahkan merah putih juga sudah dikibarkan sejak saat Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu, resonansi dari Majapahit akan menjadi bagian dari penguat hadirnya Kontingen Pramuka Jawa Timur di Jamnas," tuturnya.

Kepada para Ketua Kontingen dan Pembina Pendamping, Khofifah yang merupakan Ketua Majelis Pembina Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka (GP) Kwarda Jatim meminta mereka dapat mengajarkan bagaimana kebhinekaan menjadi sebuah kekuatan bagi negara kesatuan RI.

"Pada saat Jambore Nasional nanti, berikan yang terbaik untuk negeri ini dan pengembangan Pandu di Indonesia. Harumkan nama Jatim karena saya bangga dengan kakak-adik Praja Muda Karana semua. Semoga diberi kesehatan, kelancaran dan kesuksesan," pesannya.

Kontingen Pramuka Jawa Timur yang mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur pada 12-21 Agustus 2022, terdiri dari 608 penggalang, 4 Pramuka Penggalang berkebutuhan khusus, 80 pembina pendamping, juga 10 orang pimpinan kontingen. (mad)

#gubernur #Khofifah Indar Parawansa #Jawa Timur