Senin, 6 Mei 2024

Gubernur Khofifah Apresiasi Rencana UIN Sunan Ampel Surabaya Dirikan Turos Center

Diunggah pada : 22 Desember 2023 23:16:32 65
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, resmi menutup Pameran dan Seminar Naskah Kuno Ulama Indonesia yang digelar di UIN Sunan Ampel Surabaya pada Jumat, (22/12/2023) malam. Foto Yanu JNR

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, resmi menutup Pameran dan Seminar Naskah Kuno Ulama Indonesia yang digelar di UIN Sunan Ampel Surabaya pada Jumat, (22/12/2023) malam. 

Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kegiatan tersebut sebagai sarana untuk memahami, mendalami, dan mengetahui kedalaman keilmuan ulama-ulama asal Jawa Timur dan umumnya Indonesia yang begitu luar biasa.

Gubernur Khofifah mengungkapkan keyakinannya bahwa melalui kegiatan semacam ini, masyarakat dapat lebih memahami warisan intelektual ulama-ulama Indonesia. "Kegiatan ini memberikan kita kesempatan untuk merenung dan menggali kearifan lokal yang tercermin dalam pemikiran ulama kita," ujar Gubernur.

Beliau juga menyoroti bahwa pemikiran ulama Indonesia cenderung moderat dan mampu bersinergi dengan budaya masyarakat setempat. "Pemikiran ulama-ulama kita sangat moderat dan dapat mengikuti perkembangan budaya dengan baik. Ini membuktikan bahwa keislaman di Indonesia memiliki landasan yang kuat dan terbuka terhadap kemajuan zaman," tambah Khofifah.

Pameran ini menjadi wadah bagi para peserta untuk menjelajahi naskah kuno yang menyimpan harta intelektual ulama-ulama Indonesia. Menurut Gubernur, pemahaman mendalam terhadap naskah kuno ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam mengembangkan pemikiran dan keilmuan.

Dalam penutupan tersebut, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi panitia penyelenggara dan seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini. Ia berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat terus digelar sebagai upaya untuk melestarikan dan menggali kearifan lokal yang telah ditinggalkan oleh ulama-ulama Indonesia.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Akhmad Muzakk, Grad Dip., SEA., MAg., M.Phil., PhD., dalam kesempatan tersebut mengumumkan rencana pendirian Turos Center, sebuah pusat penelitian dan pengembangan keilmuan terkait naskah kuno dan warisan intelektual ulama Indonesia.

Pameran dan Seminar Naskah Kuno Ulama Indonesia dihadiri oleh sejumlah cendekiawan, peneliti, dan pecinta sejarah dari berbagai institusi. Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, menyampaikan tentang pentingnya melestarikan dan menggali kekayaan intelektual yang terkandung dalam naskah kuno ulama Indonesia.

Ia juga  menekankan betapa pentingnya naskah kuno sebagai sumber pengetahuan yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang pemikiran ulama Indonesia pada masa lampau. Ia juga mengajak para hadirin untuk berkolaborasi dalam menjaga dan mengembangkan warisan intelektual tersebut agar dapat diakses dan dimanfaatkan oleh generasi mendatang. (jal/hjr)

 

 

 

 

 

 

 

#gubernur jatim