Sabtu, 2 Maret 2024

Grahadi 'Diserbu' Santri, Berikut Rute Jalan Santai Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Diunggah pada : 20 Oktober 2023 14:25:56 539
Kadispora Jatim, Ali Kuncoro ditemui di kantor Dispora saat memberikan keterangan pers soal jalan santai peringatan hari santri 2023 di Grahadi

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama kementerian agama (Kemenag) RI, dan PBNU akan menggelar jalan santai untuk memperingati Hari Santri Nasional 2023 yang diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (21/10/2023).

Kadispora Jatim, Ali Kuncoro di kantornya Surabaya, Jumat (20/10/2023) mengatakan, jalan santai hari santri ini akan dimulai Pukul 06.00 WIB. Adapun rutenya diantaranya Jalan Gubernur Suryo - Jalan Panglima Sudirman - Jalan Basuki Rahmat - dan Jalan Tunjungan.

"Untuk start-nya di Gedung Negara Grahadi, menuju ke arah Jalan Panglima Sudirman, Bambu Runcing, putar balik patung Karapan Sapi, Basuki Rahmat, berbelok menuju Praban, Jalan Tunjungan, dan Finis di Gedung Negara Grahadi," ujar Ali Kuncoro

Dengan banyaknya jumlah peserta, maka panitia juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian guna melakukan pengalihan arus lalulintas di beberapa jalan tersebut. "Nantinya, di bagian Jalan Panglima Sudirman, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Tunjungan akan dialihkan, dan mungkin hanya bisa dipakai 1-2 lajur," terangnya.

Jika dilihat dari susunan acara, bisa dipastikan jika Jalan Gubernur Suryo, atau tepat di depan Gedung Negara Grahadi, akan ditutup total hingga acara selesai. Ia menambahkan, jalan santai Hari Santri ini sebagai wujud kebersamaan semua elemen strategis yang ada di Jawa Timur. "Nah, bertepatan Hari Santri, kita ingin ambil peran. Konsep awal ada East Java Santri Run," katanya.

Tapi karena ada masukan dari berbagai pihak, khususnya diinisiasi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, agar peminat dan keterlibatan lebih banyak lagi, sehingga konsepnya menjadi jalan santai. "Tujuan kita selain memperingati hari santri, juga Hari Jadi Pemprov Jatim ke 78 yang tidak kalah penting kita ingin terus mengkamoanyekan bahwa olahraga itu harus menjadi sebuah kebutuhan dan lifestyle bagi masyarakat Jawa Timur," imbuhnya.

Sementara menurut data dispora dari registrasi online, kurang lebih 20 ribu orang telah mendaftar untuk berpartisipasi diajang ini.“Ada pendaftaran secara online dan offline. Kalau pendaftaran online di Dispora, lebih dari 20.000 orang. Sedangkan pendaftaran offline memang dihitung di atas kertas sesuai yang dihitung oleh Kemenag,”pungkas Ali yang juga mantan Kepala Biro Adpim ini

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram membenarkan, bahwa jumlah peserta Jalan Santai di rangkaian acara Hari Santri Nasional dipastikan sangat banyak. "Bisa mencapai jutaan peserta, karena banyak Pesantren yang mengirimkan santrinya. Belum lagi warga Kota Surabaya," ucap Husnul.

Ia juga membocorkan, jika per hari ini, pendaftaran peserta Jalan Santai melalui online sudah mencapai 950 ribuan peserta, dan ini masih dibuka. Dari daftar susunan acara yang ada, Jalan Santai ini dimulai dari Pukul 06.00 hingga Pukul 10.00 WIB  yang dipusatkan di Gedung Negara Grahadi. Untuk diketahui, dalam Jalan Santai ini juga disediakan beberapa door prize, diantaranya 1 unit mobil, dan puluhan hadiah umroh. (pca/hjr)

#Kadispora Jatim #dispora jatim #Hari Santri 2023