Sabtu, 4 Mei 2024

Gibran Nyatakan Anti-Golput dan Minta Gen-Z Melek Politik

Diunggah pada : 15 Februari 2024 12:39:20 36
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Susilowati, istri, dan dua anaknya menunjukkan surat suara dalam Pemilu 2024, pada Rabu (14/2/2024), di TPS 04 Kelurahan Mangkujayan. Sumber foto : Istimewa

Jatim Newsroom - Penghuni Pringgitan –sebutan rumah dinas Bupati Ponorogo—wajib memegang kartu tanda penduduk (KTP) setempat. Terbukti, Bupati Sugiri Sancoko bersama Susilowati, istri, serta   Muhammad Lintang Panuntun Qolbu dan Muhammad Gibran Cahyaning Pangeran, dua anaknya, menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 Kelurahan Mangkujayan Kecamatan Ponorogo. 

Tidak tampak Jiyan Ayune Sundul Langit, putri sulung Kang Bupati –sapaan Bupati   Sugiri Sancoko—saat satu keluarga itu datang ke TPS, pada Rabu (14/2/2024) sekitar pukul 08.30. Keberadaan Jiyan akhirnya terkonfirmasi dari Gibran. ‘’Mbak Jiyan sekarang bekerja di Jakarta sehingga menggunakan hak pilihnya di sana,’’ kata Gibran yang kini menginjak usia 20 tahun itu.   

Gibran menyatakan bahwa dia dan dua kakak kandungnya anti-golput (golongan putih). Apalagi, bagi Generasi Z yang lahir dalam rentang tahun 1997 hingga 2012 seharusnya melek politik dan tidak apatis untuk menentukan pemimpin. Sebab, Gen-Z adalah generasi sosial pertama yang tumbuh dengan akses ke internet dan teknologi digital portabel sejak usia muda. ‘’Mau atau tidak mau, para remaja khususnya Gen Z harus ikut terlibat urusan politik. Mereka menguasai karakteristik kelompok pemilih sehingga sangat menentukan pemimpin yang akan terpilih,’’ terangnya. 

Sementara itu, Kang Bupati sempat menunjukkan lima surat suara untuk pemilihan langsung presiden dan wakil presiden; anggota dewan perwakilan rakyat (DPR); dewan perwakilan daerah (DPD); serta dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten. Bupati Ponorogo ke-27 terhitung sejak  Raden Adipati Mertohadinegoro (menjabat 1837-1854) itu membayangkan mayoritas kalangan pemilih lansia akan kesulitan melipat surat suara dalam pelaksanaan pemilu serentak kali ini. 

‘’Harapan saya pemilu tetap berjalan lancar dan aman sebagai sarana integrasi bangsa. Dari proses demokrasi yang berkualitas akan melahirkan pemimpin yang berkualitas pula,’’ ungkap Kang Bupati. (why)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo